Surabaya (Antaranews Jatm) - Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno berziarah ke makam Raden Ajeng Kartini menjelang peringatan Hari Kartini di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Jumat.

"Beliau adalah tokoh emansipasi perempuan hebat dan menjadi inspirasi saya. Semangatnya yang tak pernah padam, bahkan makin terang hingga saat ini di era milenial," ujarnya.

Dalam siaran pers yang diterima Antara di Surabaya, di lokasi makam, ia menaburkan bunga dan berdoa mengharap semoga Allah SWT memberikan tempat bahagia dan mulia bagi Ibu Kartini dan seluruh pejuang bangsa ini.

Usai ziarah, Puti yang didampingi Sekretaris PDI Perjuangan Jatim Sri Untari berkunjung ke rumah yang sering disinggahi oleh Kartini dan melihat seisi rumah, termasuk kamar yang menjadi tempat istirahat Kartini ketika berkunjung.

Puti yang disambut langsung oleh keluarga besar Bupati Rembang Djojo Adiningrat yang juga suami Kartini, Ny. Janarto mengaku sangat bersyukur Indonesia memiliki Kartini, yang berperan penting dalam sejarah bangsa, terutama dalam peran emansipasi perempuan.

Kartini, kata dia, mempraktikkan cara berpikir "out of the box" atau yang tidak lazim di zamannya karena tertarik cara berpikir kaum perempuan Eropa, tapi tetap ingin mengangkat kaum perempuan pribumi yang saat itu perannya masih sangat terbelakang.

"Ibu Kartini adalah tokoh yang sangat mencintai kaum dan bangsanya. Api nasionalisme menyala pada dirinya dan pikiran-pikirannya sangat penuh humanisme," katanya.

Pada kesempatan sama, Puti juga mengenang kisah Kartini yang sebelum usianya mencapai 20 tahun, tapi banyak melakukan korespondensi dengan kawan-kawannya di Belanda, termasuk membaca koran, buku dan majalah terbitan modern.

"Karena itulah pemikiran-pemikiran modern telah diserapnya di usia sangat muda," kata mantan anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI tersebut.

Pilkada Jatim digelar 27 Juni 2018 untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2019-2024 diikuti dua pasangan calon, yakni Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak dengan nomor urut 1, dan Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno nomor urut 2.

Pasangan nomor 1 merupakan calon dari koalisi Partai Demokrat, Golkar, PAN, PPP, Hanura dan NasDem, sedangkan pasangan nomor 2 adalah calon dari gabungan PKB, PDI Perjuangan, PKS serta Gerindra. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018