Bojonegoro (Antaranews Jatim) - Operator Lapangan Migas Banyu Urip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama tim kesehatan STIKES ICSADA Bojonegoro, Jawa Timur, melaksanakan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan gratis di Desa Mojodelik, Kecamatan  Gayam, Selasa (16/4).

Kepala Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam, Bojonegoro Yuntik Rahayu, di Bojonegoro, menyebutkan dalam kegiatan itu diikut 150 warga dari keluarga tidak mampu.

"Sadar sehat lebih penting daripada pengobatannya itu sendiri, karena mungkin sakit tidak akan datang kalau kita pandai-pandai menjaga kesehatan," kata dia.

Menurutnya, tim kesehatan yang tinggal di desanya ini sudah seperti warga Mojodelik sehingga selalu tahu kalau ada kejadian terkait kesehatan masyarakat.

Camat Gayam, Bojonegoro Akhmad Yusuf mengimbau agar warga memanfaatkan kegiatan tersebut semaksimal mungkin. Pemeriksaan kesehatan, kata dia, tidak selalu dilakukan.

“Semua warga yang punya keluhan kesehatan ajak kesini semua, mumpung gratis,” ucap dia yang hadir dalam kegiatan itu.

Ia menilai  program kesehatan yang dilakukan bersama STIKES ICSADA ini merupakan bentuk kepedulian EMCL kepada masyarakat.

Ia  mengharapkan tidak ada lagi warga yang kesulitan akses kesehatan. Apalagi Puskesmas Kecamatan Gayam saat ini sudah memiliki bangunan baru dengan fasilitas yang lebih memadai dan pelayanan lebih baik.

"Ini semua harus kita syukuri, manfaatkan fasilitas sebaik-baiknya, dan tentunya jaga terus kesehatannya," ucapnya.

Kegiatan penyuluhan kesehatan dilakukan oleh Kepala Puskesmas Gayam, Dr. Arman dan Dosen Keperawatan Kampus Ungu STIKES ICSADA, Ns. Verawati. Dalam pemaparannya, dokter Arman menjelaskan pola hidup sehat di dalam rumah dan lingkungan sekitar. Sedangkan Ns. Vera menjelaskan pentingnya berhati-hati terhadap kolesterol.

Perwakilan EMCL, Ichwan Arifin menjelaskan, kegiatan pemeriksaan kesehatan ini merupakan bagian dari Program Aku Sehat, Gerakan Komunitas Sadar Kesehatan di Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro.

Selain kegiatan ini, EMCL bersama STIKES ICSADA juga melakukan pendampingan kesehatan bagi lebih dari 600 KK se-Kecamatan Gayam.

Tim kesehatan secara rutin mengunjungi rumah-rumah Keluarga Binaan (Kabi) tersebut agar menjaga pola hidup sehat.

"Di Desa Mojodelik ini juga ada Pusat Informasi Kesehatan (PIK) yang bisa dimanfaatkan seluruh masyarakat Gayam untuk mendapatkan konseling kesehatan,” jelasnya. (*)




 

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018