Sumenep (Antaranews-Jatim) - Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, optimistis target kunjungan wisatawan pada tahun ini tercapai.

"Kami menargetkan 10 ribu wisatawan mancanegara (wisman) ke Sumenep pada tahun ini dan pergerakan wisatawan nusantara sebanyak 1,25 juta orang," kata Kepala Disparbudpora Sumenep, Sufiyanto di Sumenep, Sabtu.

Sesuai data di Disparbudpora Sumenep, jumlah wisman yang berkunjung ke ujung timur Pulau Madura itu pada triwulan pertama tahun ini (Januari-Maret) sebanyak 442 orang dan 246.004 wisatawan nusantara.

Ratusan wisman itu berkunjung ke sembilan objek wisata di Sumenep, di antaranya Pantai Pulau Gililabak di Kecamatan Talango, Pantai Sembilan di Pulau/Kecamatan Giligenting, dan Pantai Lombang di Batang Batang. Baca juga: Wisman kembali Kunjungi Keraton Sumenep dan Pantai Sembilan

Sementara ratusan ribu wisatawan nusantara yang berkunjung ke Sumenep tersebut tercatat ke 25 objek wisata setempat, baik di wilayah daratan maupun kepulauan.

"Masih ada waktu selama sembilan bulan ke depan dan kami optimistis target kunjungan wisatawan, baik mancanegara maupun nusantara akan tercapai," kata Sofi, sapaan Sufiyanto, menegaskan.

Ia menjelaskan, pemerintah daerah telah mengagendakan puluhan kegiatan untuk menarik wisatawan berkunjung ke Sumenep pada tahun ini, termasuk menjadi tuan rumah kegiatan regional maupun nasional.

Puluhan kegiatan tersebut, di antaranya pameran lukis pesona Indonesia pada 2-5 Mei, pameran keris internasional pada 9-12 Agustus, dan Festival Keraton dan Masyarakat Adat Se-Asean pada 27-31 Oktober.

Pemerintah daerah pun berharap warga ikut menyukseskan puluhan kegiatan itu supaya wisatawan merasa aman dan nyaman selama berada di Sumenep. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018