Sidoarjo (Antaranews Jatim) - Puluhan pegawai Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Surabaya I mengikuti kegiatan donor darah dalam rangka memperingati Bulan Bakti Karantina dan Mutu Hasil Perikanan (KIPM) tahun 2018.

Kepala BKIPM Surabaya I, Muhlin, Rabu mengatakan, kegiatan donor darah ini merupakan salah satu kegiatan dari sekian kegiatan bulan bakti, yang merupakan wujud dari BKIPM Surabaya I peduli kemanusiaan dimana musim pancaroba dan menjelang bulan Ramadhan stok darah sangat dibutuhkan.

"Pada kegiatan ini kami bekerja sama dengan UTD-PMI Sidoarjo serta pihak PT Kalbe Farma dalam Cek Kesehatan Gratis. Dalam acara ini turut mengundang Instansi Terkait dan pengguna jasa," ujarnya.

Ia menjelaskan, kegiatan ini merupakan salah satu agenda tahunan di lingkup BKIPM baik tingkat pusat dan perwakilan BKIPM seluruh Indonesia (47 UPT BKIPM) yang bertujuan untuk mewujudkan pangan sehat untuk peningkatan gizi masyarakat.

"Yang mana pelaksanaan bulan bakti karantina ikan dan mutu hasil perikanan dilaksanakan lebih kurang satu bulan terhitung 3 April hingga 5 Mei mendatang," ujarnya.

Ia menjelaskan, terdapat beberapa rangkaian kegiatan yang dilakukan di antaranya pemberian pemahaman terkait dengan ikan yang bagus kepada pedagang ikan, pemberian materi tentang perikanan kepada mahasiswa, penanaman bakau.

"Rangkaian kegiatan kami sangat banyak mengingat pelaksanaan bulan bakti ini sebulan lamanya. Oleh karena itu, dalam setiap kegiatan kita memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat," ujar Muhlin.

Ia menjelaslan, salah satu tujuan utamanya adalah meningkatkan pemahaman dan partisipasi masyarakat terhadap penyelenggaraan fungsi perkarantinaan, pengendalian mutu, dan keamanan hasil perikanan, serta keamanan hayati ikan.

"Kami juga akan melaksanakan pelepasliaran Kepiting dan penanaman mangrove di wonorejo, bersih pantai dan pelepasan tukik di Pantai Cemara Banyuwangi dengan melibatkan pengguna Jljasa dan Instansi," ujarnya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018