Kediri (Antaranews Jatim) - Dinas Pendidikan Kota Kediri, Jawa Timur, memastikan sarana untuk ujian nasional bagi sekolah menengah pertama (SMP) dan yang sederajat, baik negeri maupun swasta di kota itu, sudah lengkap, sehingga tidak perlu khawatir kekurangan fasilitas komputer.

"Persiapan ujian nasional di Kediri kan sudah daring, jadi tidak begitu susah. Ini pengamalam sudah tahun ketiga, keempat, mudah-mudahan anak-anak tidak `demam` memegang komputer jinjing," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri Siswanto di Kediri, Jumat.

Ia mengatakan, dinas pendidikan juga telah mengadakan uji coba atau "try out" untuk ujian nasional ini. Dalam ujian, mereka juga sudah memanfaatkan komputer jinjing. Selain fasilitas dari sekolah, dinas pendidikan telah memberikan tambahan fasilitas komputer untuk ujian baik sekolah negeri maupun swasta.

"Alhamdulillah lancar. Tahap satu dan tahap dua. Kalau kendala, biasa, bocah belum siap. Tapi yang jelas, dari hasil `try out` sudah memenuhi," ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan dinas pendidikan juga telah mengadakan evaluasi dari hasil "try out" dan ternyata nilainya cukup baik, rata-rata enam. Dinas pendidikan juga tetap berupaya agar sekolah memberikan pendampingan dan pelajaran terbaik bagi anak-anaknya agar nilai mereka baik.

"Selain dinas pendidikan, sekolah juga bisa mengadakan `try out` sesuai dengan program sekolah. Harapannya, semakin sering juga semakin bagus, dengan catatan sekolah harus memegang rambu-rambu, kisi-kisinya yang bisa `didownlod`. Jangan sampai keluar dari kisi-kisi," ungkap dia.

Ia menambahkan, hingga kini dari sekolah-sekolah yang ada di Kota Kediri juga masih ada yang menyelenggarakan `try out". Namun, ia meminta agar sekolah untuk tetap melapor jika mengadakan "try out" dengan harapan jadwalnya tidak berbenturan dengan jadwal dinas pendidikan.

Selain itu, dinas pendidikan juga sudah mengumpulkan seluru kepala sekolah SMP baik di negeri maupun swasta di Kota Kediri. Selain diberi informasi terkait hasil "try out" tersebut, juga sekaligus diberi pengumuman pemenangnya.

Ia juga optimistis, hasil ujian nasional nantinya juga bisa semakin bagus. Bahkan, seluruh pelajar yang ikut ujian nasional bisa lulus semua. Mereka bisa melanjutkan kembali ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, dan tidak putus sekolah.

Rencananya, ujian nasional SMP dan yang sederajat akan diselenggarakan pada April 2018. Jumlah SMP negeri di Kota Kediri ada delapan sekolah. Sebelumnya UN tingkat SMP, akan diselenggarakan ujian nasional tingkat SMA/SMK/MA, awal April 2018. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018