Bangkalan (Antaranews Jatim) - Sedikitnya 749 siswa kejar paket B yakni sekolah setara SMP di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur akan mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK) yang akan digelar mulai Mei 2018.

"Jadwal ujian untuk siswa kejar paket B lebih akhir, sedangkan untuk kejar paket C atau setingkat SMA/MA UNBK-nya akan digelar tanggal 27 hingga 30 April 2018," ujar Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non-formal pada Dinas Pendidikan (Disdik) Bangkalan Jufri Kora di Bangkalan, Rabu.

Ia menjelaskan, semua peserta UNBK kejar paket B sudah siap mengikuti ujian, bahkan mereka sudah mengikuti simulasi UNBK kejar paket B sebanyak 3 kali.

Persiapan UNBK dengan simulasi ini dimaksudkan agar dalam pelaksanaannya nanti bisa berlangsung lancar, dan sesuai harapan.

Jufri menjelaskan, tahun ini semua Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) melaksanakan UNBK Kejar Paket B, baik PKBM yang ada dibawah naungan Disdik Bangkalan, maupun yang ada dibawah naungan Kemenag Bangkalan.

Kabid Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non-formal Disdik Bangkalan Jufri Kora lebih lanjut menjelaskan, jumlah peserta UNBK Kejar Paket B sebanyak 749 orang itu, terdiri dari 359 peserta dari PKBM dan sebanyak 390 orang sisanya dari Pondok Pesantren.

Sedangkan untuk peserta UNBK Kejar Paket C sebanyak 595 peserta. "Tahun ini di Bangkalan tidak ada lagi Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP). Semuanya berbasis komputer," katanya, menjelaskan.

Sementara, terkait dengan saranan dan prasarana ujian, Jufri menjelaskan, semuanya sudah lengkap karena numpang di sejumlah sekolah yang ada di Kabupaten Bangkalan.

Sesuai ketentuan, jadwal pelaksanaan Jadwal pelaksanaan UNBK mulai Senin, 23 April 2018 hingga Kamis, 26 April 2018. UNBK susulan mulai Selasa, 8 Mei 2018 hingga Rabu, 9 Mei 2018.

Materi pelajaran yang diujikan meliputi, Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA.

UNBK untuk SMK mulai Senin, 2 April 2018 hingga Kamis, 5 April 2018 dengan materi ujian meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Teori Kejuruan.

UNBK SMA dan MA mulai Senin, 9 April 2018 hingga Kamis, 12 April 2018 dengan materi ujian meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Satu mata pelajaran jurusan.

UNBK susulan untuk SMK mulai Selasa, 17 April 2018 hingga Rabu, 18 April 2018, sedang UNBK susulan untuk SMA dan MA juga sama," katanya, menjelaskan.

UNBK untuk kejar paket B akan dilaksanakan tanggal 4 hingga tanggal 6 Mei, sedangkan untuk kejar paket C atau setingkat SMA/MA akan digelar tanggal 27 hingga 30 April 2018. (*)

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018