Magetan (Antaranews Jatim) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magetan, Jawa Timur menutup tebing rawan longsor menggunakan terpal guna mengantisipasi agar tak terjadi longsor susulan di Desa Cileng, Kecamatan Poncol, Magetan, Selasa.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Magetan, Fery Yoga Saputra, menuturkan bagian tebing yang longsor, Senin (27/3) ditutup menggunakan empat lembar terpal.

"Tebing yang longsor kemarin tinggi 15 meter dan lebar sembilan meter semuanya kami tutup menggunakan empat terpal. Tujuannya untuk antisipasi agar bila terjadi hujan tidak meresap ke bagian tebing yang kemarin longsor, sehingga tidak terjadi longsor susulan," jelasnya.

Selain menutup bagian tebing rawan longsor, lanjut Fery BPBD Magetan juga memberikan bantuan sebuah tenda gulung dan perlengkapan kebutuhan dasar kepada korban bencana.

"BPBD juga memberikan bantuan berupa satu paket `family kid` (perlengkapan kebutuhan dasar) dan sebuah tenda gulung kepada keluarga terdampak longsor," ujar Fery.

Menurut dia, puluhan orang melakukan kerja bakti membersihkan reruntuhan material di lokasi longsor dan memasang terpal guna mengurangi risiko longsor susulan.

Mereka terdiri petugas dan relawan BPBD, anggota TNI dan Polri dari Koramil dan Polsek Poncol, Perangkat Desa Cileng bersama masyarakat melakukan kerja bakti membersihkan reruntuhan material di lokasi bencana longsor.

Seperti diketahui, terjadi tebing longsor di wilayah RT 13/RW 02 Desa Cileng pada Senin (26/3). Bencaa itu mengakibatkan dua rumah warga rusak.

Pewarta: Siswowidodo

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018