Surabaya (Antaranews Jatim) - SMA Negeri 16 Surabaya menyiapkan 140 komputer yang disebar di tujuh kelas guna menghadapi pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) April mendatang.

"Kami secara sarana dan pra sarana sudah siap, karena sudah melakuan tiga kali unji coba yakni pada Bulan Januari, Februari dan Maret ini," kata Waka Kurikulum SMAN 16 Surabaya Ridwan di Surabaya, Selasa.

Untuk mengantisipasi adanya gangguan pada komputer saat UNBK nantinya, Ridwan menjelaskan, pihaknya pihaknya telah menyiapkan dua komputer cadangan di setiap ruangannya. Kemudian juga menyiapkan proktor dan teknisi.

"Sementara untuk mengantisipasi adanya gangguan listrik, kami juga menyiapkan satu genset," ujarnya.

Ridwan mengemukakan, ada 379 siswa SMAN 16 yang akan mengikuti pelaksanaan ujian nasional kali ini. Siswa itu nanti dibagi dalam tujuh ruang kelas yang setiap ruangan terdiri dari 18 siswa.

Ditanya kesiapan siswanya, dia meyakini mereka semua telah siap. Sebab pihaknya sudah memberikan materi dan tambahan jam belajar.

"Mudah-mudahan siswa siap. Karena sudah ada try out, bimbingan juga setiap haris Sabtu di luar jam pembelajaran. Ini mengacu pada kisi-kisi untuk ujian nasional," ujarnya.

Ridwan berharap pelaksanaan ujian nasional nantinya akan berjalan lancar. Hal itu karena relatif tak adanya perubahan yang siginifikan dari ujian nasional tahun lalu ke tahun ini.

"Kami berharap UNBK lebih sederahana. Sebab aplikasi juga sama, yang lain juga sama seperti tahun kemarin," tuturnya.(*)

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018