Sampang (Antaranews Jatim) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang, Jawa Timur, mendata jumlah calon pemilih, penghuni rumah tahanan negara (Rutan) Klas IIB setempat, untuk pelaksanaan pilkada serentak yang akan digelar 27 Juni 2018.

Menurut Komisioner KPU Sampang pada Divisi Teknis dan Penyelenggara Addy Imansyah di Sampang, Sabtu, jumlah calon pemilih di Rutan Kelas IIB Kabupaten Sampang untuk Pilkada 2018 mencapai 296 orang.

"Data itu berdasarkan hasil pencocokan dan penelitian (coklit) yang dilakukan KPU beberapa waktu lalu," ujarnya.

Dari sebanyak 296 calon pemilih itu terdiri dari narapidana dan tahanan serta pegawai yang bertugas di Rutan itu.

Perinciannya, penghuni Rutan yang terdiri dari narapidana dan tahanan sebanyak 250 orang, pegawai di Rutan sebanyak 46 orang.

Sebenarnya, menurut Addy Imansyah, jumlah total penghuni Rutan Sampang semuanya 352 orang. Hanya saja, sebanyak 56 orang penghuni di rutan itu berasal dari luar Kabupaten Sampang.

"Jadi, mereka tidak ber-KTP Sampang," katanya, menjelaskan.

Ia lebih lanjut mengatakan, jumlah itu masih data sementara karena bisa saja ada penambahan atau pengurangan, sementara penetapan daftar pemilih sementara (DPS) untuk pilkada serentak tahun ini baru akan dilakukan pada 10 sampai 16 Maret mendatang.

"Kita akan terus memantau perkembangan penghuni Rutan yang mempunyai hak pilih agar mereka bisa menggunakan hak pilihnya di pilkada yang akan digelar pada 27 Juni 2018 nanti," ujarnya, menjelaskan.

Sementara itu, jumlah calon pemilih pilkada di Kabupaten Sampang, Madura untuk pelaksanaan pilkada serentak yang akan digelar pada 27 Juni 2018 sebanyak 805.459 orang.

Perinciannya sebanyak 399.257 pemilih laki-laki, calon pemilih perempuan sebanyak 406.202 jiwa.

Pesta demokrasi di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur ini diikuti oleh tiga Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sampang yang akan berkompetisi pada pilkada yang akan digelar 27 Juni 2018.

Ketiga pasangan calon itu masing-masing H. Hisan dengan KH Abdullah Mansyur (Hisbullah), didukung Partai Demokrat (6 kursi) dan PAN (3 kursi) sebanyak 9 kursi.

Selanjutnya pasangan Calon Bupati Pamekasan H Slamet Junaidi-H. Abdullah Hidayat (Jihad) didukung Partai Nasdem (2 kursi), PKS (2 kursi), PDIP (2 kursi), dan PPP (7 kursi), total sebanyak 13 kursi.

Kemudian, Hermanto Subaidi dan Suparto didukung Partai Gerindra (8 kursi), dan PKB (8 kursi), sebanyak 16 kursi.

Ketua KPU Sampang Syamsul Muarif menjelaskan, pilkada merupakan pesta demokrasi dan sebagai upaya untuk memilih calon pemimpin Sampang untuk lima tahun kedepan.

"Karena itu, maka semua masyarakat yang sudah memenuhi syarat harus bisa memanfaatkan momentum lima tahunan ini, termasuk pengungsi Sampang yang tinggal di luar Kabupaten Sampang," ujar Syamsul. (*)

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018