Bangkalan (Antaranews Jatim) - Jajaran Polres Bangkalan, Jawa Timur mengajak semua elemen masyarakat mendukung terselenggaranya pilkada damai di wilayah itu, yang akan digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 27 Juni 2018.

"Dukungan semua elemen masyarakat akan sangat menentukan terhadap pelaksanaan pesta demokrasi di Kabupaten Bangkalan ini," ujar Kapolres Bangkalan AKBP Anissullah M Ridha di Bangkalan, Sabtu malam.

Menurut kapolres, pihaknya memang sudah mempersiapkan sejumlah personel untuk mengamankan tahapan pelaksanaan pilkda serentak di Kabupaten Bangkalan.

Salah satunya dengan menggelar pelatihan dan simulasi tentang teknik pengamanan pilkada di lapangan, mulai dari masa kampanye, pemungutan suara, hingga pelaksanaan pelantikan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih.

Hanya saja, sambung dia, pengamanan oleh aparat tidak cukup, mengingat yang akan terlibat dalam pesta demokrasi lima tahunan itu, semua elemen masyarakat.

"Jadi, masyarakat harus bisa menahan diri untuk tidak menyampaikan komentar yang berpotensi memprovokasi situasi keamanan di Bangkalan ini," ujarnya, menjelaskan.

Pilkada yang akan digelar 27 Juni 2018 di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur itu diikuti oleh tiga pasangan calon.

Masing-masing pasangan calon bupati Moch Farid Al Fauzi dengan wakilnya Sudarmawan, KH Imam Buchori dan wakilnya Mondir A Rofiii, serta pasangan Calon Bupati R. Abdul Latif Amin Imron dan wakilnya Mohni.

Pasangan Farid Al Fausi-Sudarmawan diusung oleh Partai Hanura, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional (PAN) dengan nomor urut 1.

Kemudian pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Imam Buchori-Mondir A Rofiiyang diusung oleh partai Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dengan nomor urut 2.

Sementara Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Abdul Latif Amin Imron-Mohni diusung tiga partai, yakni Partai Gerindra, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Golkar.

Kabupaten Bangkalan merupakan satu dari tiga kabupaten di Pulau Madura yang akan menggelar pilkada serentak di Pulau Madura pada 27 Juni 2018.

Dua kabupaten lain yang juga akan menggelar pilkada pada hari yang sama ialah Kabupaten Sampang dan Kabupaten Pamekasan. (*)

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018