Lumajang (Antaranews Jatim) - Sebanyak 7.617 personel Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) disiagakan menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Lumajang yang rencananya akan digelar Juni 2018.

Bupati Lumajang As`at melantik sebanyak 7.617 anggota Satlinmas dalam acara apel siaga Linmas yang digelar di Stadion Semeru Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa.

"Saya mengingatkan Satlinmas untuk bersama-sama membantu Polres dalam mengamankan 1.872 tempat pemungutan suara (TPS) pada bulan Juni 2018," katanya dalam sambutan yang dibacakan di hadapan ribuan anggota Satlinmas Lumajang.

Ia juga meminta camat, kepala desa, dan lurah untuk lebih peka dan tanggap dalam mendeteksi sekaligus mencegah secara dini potensi ancaman gangguan, utamanya yang diprediksi berpotensi dapat memicu terjadinya konflik horizontal menjelang pelaksanaan pilkada.

"Pemkab Lumajang memiliki kewajiban menyelenggarakan ketertiban umum, ketenteraman, serta perlindungan masyarakat. Demikian juga dengan pemerintah desa yang juga memiliki kewajiban yang sama melalui Satlinmasnya," tuturnya.

Menurutnya, Satuan Linmas adalah tangan kanan Bupati dalam membantu menanggulangi bencana, menjaga keamanan, ketertiban, dan memberikan perlindungan, serta rasa nyaman masyarakat di Kabupaten Lumajang, sehingga pemberdayaan Satuan Linmas adalah mutlak.

"Kondisi masyarakat Lumajang saat ini sudah relatif aman dan kondusif, sehingga harus terus bersama-sama dipertahankan. Saya mengajak kepada para Camat, Lurah dan Kepala Desa untuk terus bergandengan tangan, saling menguatkan, bersinergi guna melanjutkan pengabdian dan kerja nyata demi terwujudunya Kabupaten Lumajang yang lebih baik, sejahtera dan bermartabat," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati As`at juga memberikan penghargaan kepada Kepala Desa Gesang-Kecamatan Tempeh, Khusnul Rozikah, atas perhatiannya yang lebih untuk memberdayakan Satlinmas dengan berinisiatif membentuk peleton Satuan Linmas Putri di desanya.

Kemudian penghargaan juga diberikan kepada anggota Linmas Desa Randuagung Kecamatan Randuagung Mochamad Hori atas keberaniannya menggagalkan dan menangkap pencuri motor di Randuagung.

Selain itu, Bupati Lumajang juga menyerahkan kendaraan tangki air bersih kepada empat desa yang berpotensi kekeringan air yakni Desa Penawungan - Kecamatan Padang, Desa Kedawung - Kecamatan Padang, Desa Wates Kulon - Kecamatan Ranuyoso dan Desa Wates Wetan - Kecamatan Ranuyoso.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018