Pamekasan (Antaranews Jatim) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan, Jawa Timur, melakukan pencocokan dan penelitian daftar potensial pendudukan pemilih pemilu (DP4) secara serentak di semua kecamatan di wilayah itu, Sabtu.

Pemcocokan dan pemelitian dilakukan oleh masing-masing PPK di 13 kecamatan di 178 desa dan 11 kelurahan.

"Kami melibatkan sebanyak 1.574 petugas pemutakhiran data pemilih untuk kegiatan coklit ini," ujar Ketua KPU Pamekasan Moh Hamzah.

Para petugas ini akan melakukan pendataan warga calon pemilih di masing-masing TPS yang tersebar di 13 kecamatan di Pamekasan.

Menurut Ketua KPU Pamekasan Moh Hamzah, kegiatan pencocokan dan penelitian ini merupakan bagian dari tahapan pelaksanaan pilkada yang akan digelar 27 Juni 2018.

Setelah kegiatan coklit ini, KPU selanjutnya akan menetapkan daftar pemilih sementara (DPS).

Kegiatan pencocokan dan penelitian secara serentak di Kabupaten Pamekasan oleh petugas PPDP di 178 desa dan 11 kelurahan ini dengan mendatangi secara langsung rumah-rumah calon pemilih.

Salah satunya seperti yang dilakukan di Dusun Rongkarong, Kelurahan Gladak Anyar, Kecamatan Kota Pamekasan.

Ada pula yang dilakukan secara kolektif, yakni dengan mengundang calon pemilih ke salah satu rumah tokoh masyarakat dengan membawa kartu keluarga (KK).

Petugas selanjutnya melakukan pencatatan data keluarga sebagai calon pemilih yang masuk pasyarat bisa menggunakan hak suaranya pada Pilkada Pamekasan yang akan digelar 27 Juni 2018.

"Syarat calon pemilih sebagaimana ketentuan adalah minimal berusia 17 tahun saat pemungutan suara berlangsung pada 27 Juni 2018 nanti," kata Ketua KPU Pamekasan Moh Hamzah, menjelaskan.

Sementara itu daftar calon pemilih untuk Pilkada Pamekasan 27 Juni 2018 sesuai data pada Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) sebanyak 615.594 orang.

"Jumlah calon pemilih ini, sesuai dengan data yang diserahkan KPU RI kepada KPU Pamekasan," kata Divisi Perencanaan dan Data KPU Pamekasan Moh Sabhan.

Dari jumlah itu, calon pemilih laki-laki terdata sebanyak 297.615 orang dan calon pemilih perempuan sebanyak 317.979 orang.

Kabupaten Pamekasan merupakan satu dari dua kabupaten di Pulau Madura, Jawa Timur, yang akan menggelar Pilkada Bupati dan Wakil Bupati pada 27 Juni 2018.

Dua kabupaten lain yang akan menggelar Pilkada Bupati dan Wakil Bupati pada hari yang sama adalah Kabupaten Bangkalan dan Kabupaten Pamekasan. (*)

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018