Jember (Antaranews Jatim) - Sebanyak 350 personel kepolisian dilibatkan dalam pengamanan Tahun Baru di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

"Pengamanan malam tahun baru di Kabupaten Jember dipusatkan di alun-alun kota dengan melibatkan sebanyak 350 personel," kata Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo usai menggelar apel gelar pasukan pengamanan malam tahun baru di depan Kantor Pemerintah Kabupaten Jember, Minggu sore.

Setelah menggelar apel pasukan untuk malam tahun baru, ratusan personel melakukan patroli skala besar ke gereja-gereja di Jember yang masih melakukan ibadah dan dilanjutkan patroli ke beberapa titik keramaian untuk memastikan kegiatan masyarakat dapat berjalan aman menjelang tahun baru 2018.

"Kehadiran petugas diharapkan mampu memberi rasa aman bagi masyarakat yang akan merayakan pergantian tahun di beberapa lokasi di Kabupaten Jember," tuturnya.

Menurutnya kegiatan perayaan malam tahun baru diisi dengan kegiatan istighasah yang dihadiri oleh forum komunikasi pimpinan daerah dan dilanjutkan dengan kegiatan hiburan rakyat di alun-alun Kabupaten Jember yang diperkirakan selesai pada Senin (1/1) dini hari.

"Kegiatan yang dilakukan Pemkab Jember dengan menggelar istighasah dan hiburan rakyat akan ditutup dengan pesta kembang api pada detik-detik menjelang pergantian tahun 2017 ke 2018 karena Pemkab Jember sudah mendapatkan izin untuk mengadakan pesta kembang api," katanya.

Kusworo mengatakan masyarakat yang akan menggelar pesta kembang api secara mandiri harus mengajukan syarat permohonan ke Kepolisian Daerah (Polda) Jatim dengan rekomendasi Polres Jember, sehingga harus memiliki izin.

"Kami sudah melakukan sosialisasi tentang prosedur yang harus dilalui untuk dapat mengadakan pesta kembang api di antaranya kembang api yang dinyalakan diameternya tidak lebih dari 2 cm, penyulutnya harus memiliki sertifikasi untuk memastikan keamanannya, dan mendapat izin dari kepolisian," ujarnya.

Ia mengatakan ada tiga pihak yang mengajukan izin untuk mengadakan pesta kembang api pada malam tahun baru yakni Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember, Hotel Aston Jember, dan Lippo Plaza Jember  (*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017