Surabaya (Antara Jatim) - Perseroan terbatas Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III siap menyambut kapal pesiar terbesar yang direncanakan sandar di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya pada tanggal 26 Desember 2017.

CEO Pelindo III, Ari Askhara, di Surabaya, Sabtu mengatakan BUMN kepelabuhanan Pelindo III, telah menyiapkan berbagai fasilitas untuk menyambut turis cruise Genting Dream yang sandar di Tanjung Perak.

Ia mengatakan sandarnya cruise superbesar dengan panjang hingga 335 meter lebih, atau tiga kali lebih panjang dari bangunan Terminal Gapura Surya Nusantara tersebut adalah hasil penjajakan antarpemerintah Indonesia dan Singapura.

Selain itu, juga upaya Kementerian Pariwisata yang telah meyakinkan operator cruise Dream Cruises untuk melayari rute baru dari Singapura lalu sandar di dua pelabuhan Pelindo III, yaitu Tanjung Perak di Surabaya, dan Celukan Bawang di Bali Utara.

"Kami juga bekerja sama dengan Pemerintah Kota Surabaya akan memberi sambutan spesial untuk kapal berkapasitas hingga 4 ribu turis dengan 2 ribu orang kru tersebut," kata Ari.

Sementara itu, berbagai kesenian tradisional jug akan ditampilkan, mulai dari Reog Ponorogo, Tari Sparkling Surabaya, hingga live music di dalam gedung terminal.

"Warga Surabaya dan sekitarnya juga kami undang untuk turut menyaksikan, dan kami memastikan siap mengakomodir penumpang turis cruise untuk mengunjungi destinasi wisata maritim, Surabaya North Quay," katanya.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017