Surabaya (Antara Jatim) - Ulama asal Solo yang melakukan syiar dakwah melalui sholawat, Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf memberikan dukungan pembangunan masjid As-Sakinah di kompleks Balai Pemuda dan DPRD Kota Surabaya yang selama ini sempat berpolemik.

"Alhamdulillah, pembangunan masjid As-Sakinah sudah dapat restu dari Habib Syech," kata Ketua DPRD Surabaya Armuji kepada Antara di Surabaya, Selasa.

Menurut dia, dukungan tersebut disampaikan pada saat Habib Syech menghadiri acara "Surabaya Bersholawat" di depan gedung DPRD Surabaya Jalan Yos Sudarso, Surabaya pada Senin (18/12) malam.

Sebelum Habib Syech memimpin sholawat, lanjut dia, pihaknya bersama pimpinan DPRD Surabaya sempat bertemu dan membicarakan persoalan pembangunan Masjid As-Sakinah yang saat ini bangunan masjid yang lama sudah sudah dirobohkan.

Tentunya, lanjut dia, dukungan ini akan memantapkan Pemerintah Kota Surabaya dalam membangun kembali Masjid As-Sakinah dengan lebih luas dan megah.

Selain dukungan dari Habib Syech, kata dia, pembangunan Masjid As-Sakinah juga sebelumnya telah mendapat dukungan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jatim, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Surabaya dan Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Surabaya.

Bahkan, kata dia, juga mendapat dukungan dari organisasi kepemudaan di Surabaya seperti Gerakan Pemuda (GP) Ansor Surabaya dan Pemuda Muhammadiyah Surabaya.

"Sesuai rencana, hari ini akan ada peletakan batu pertama pembangunan Masjid As-Sakinah," katanya.

Sekretaris Umum MUI Jatim Ainul Yaqin mengatakan pihaknya bersama NU dan Muhammadiyah mendukung rencana Pemkot Surabaya untuk membangun masjid di tempat awal dengan lebih baik dan lebih luas sehingga bisa menampung lebih banyak jamaah.

"Yang direncanakan pemkot sudah sesuai dengan yang dikehendaki syariat. Bahwa bangunan masjid adalah tanah wakaf yang tidak boleh ditukarfungsikan untuk yang lain. Kami sangat mendukung, dengan harapan masjid yang dibangun lebih baik dan lebih luas," katanya.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Tata Ruang Kota Surabaya Ery Cahyadi menyampaikan pemkot bersama alim ulama segera melakukan pembongkaran masjid dalam waktu dekat.

"Kami berharap dengan dibangunnya kembali Masjid As-Sakinah dapat berguna dan bermanfaat sebagai sarana ibadah yang lebih khusyu dan representatif," katanya.(*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017