Kediri (Antara Jatim) - Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Kediri, Jawa Timur, mengungkapkan harga bahan pokok di Kota Kediri, menjelang perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 saat ini relatif stabil dan tidak ditemukan adanya penimbunan.
     
"Harga masih stabil. Jika ada kenaikan tidak signifikan, tidak langsung naik drastis," kata Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Kediri Yetti Sisworini di sela pemantauan harga bahan pokok di Pasar Setonobetek, Kota Kediri, Selasa.
     
Menurut dia, mayoritas harga bahan pokok saat ini relatif stabil dan hanya beberapa bahan pokok yang masih tinggi, misalnya harga telur serta cabai. Harga telur saat ini Rp22 ribu per kilogram, sedangkan harga cabai besar Rp20 ribu per kilogram dan cabai kecil Rp15 ribu per kilogram. 
 
Ia menduga cukup tingginya harga sejumlah komoditas tersebut karena pengaruh cuaca yang tidak baik, sehingga produksi telur ayam tidak maksimal. 
    
"Ini dimungkinkan karena cuaca yang tidak kondusif. Dengan cuaca yang tidak baik, produksi telur ayam tidak bisa maksimal. Permintaan banyak, sedangkan barangnya relatif minim, sehingga harga naik," katanya.
     
Sementara itu, Kepala Polresta Kediri AKBP Anthon Haryadi mengatakan, harga bahan pokok di Kota Kediri memang relatif stabil  terbukti dari pemantauan langsung harga bahan pokok di pasar wilayah Kota Kediri.

Ia mengakui ada kenaikan harga beberapa komoditas, tapi masih normal. "Harga relatif stabil, walaupun ada kenaikan. Kami juga sudah melakukan pengecekan sejak kemarin, dan semuanya masih normal, belum ada indikasi penimbunan," kata dia.
     
Ia juga sudah meminta anggotanya untuk intensif melakukan pengawasan bahan pokok di pasar, guna mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan, salah satunya penimbunan. Proses pengawasan akan dilakukan terutama hingga pergantian tahun.
     
"Kami awasi terus sampai nanti Januari 2018. Kami juga melihat, pemerintah juga berupaya, misalnya tiap hari ada pengiriman (Operasi pasar) dari bulog, TPID juga operasi pasar di kelurahan," katanya.

Kegiatan pemantauan harga bahan pokok itu, dihadiri sejumlah pejabat, misalnya Wakil Wali Kota Kediri Lilik Muhibbah, jajaran Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Kediri, BPS Kediri, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri, Kadin Kediri, dan sejumlah instansi lainnya.
     
Pemantauan harga bahan pokok itu dilakukan di Pasar Setonobetek serta Pasar Pahing, Kota Kediri. Mereka juga sempat dialog dengan para pedagang di pasar tersebut, dan ternyata didapati mayoritas harga bahan pokok masih stabil. (*)
Video Oleh Asmaul Chusna

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017