Bondowoso (Antara Jatim) - Penyaluran beras sejahtera (Rastra) di Kabupaten Bondowoso dan Situbondo, Jawa Timur,  pada 2017 mencapai 100 persen atau lebih dari 2.400 ton beras subsidi pemerintah itu sudah tersalurkan kepada keluarga penerima manfaat (KPM).

"Alhamdulillah sejak 20 November 2017 beras sejahtera sudah rampung didistribusikan ke masing-masing desa di dua kabupaten," ujar Kepala Sub-Divisi Regional Badan Urusan Logistik (Sub-Divre Bulog) Bondowoso membawahi Situbondo, Adhekan di Bondowoso, Senin. 

Ia mengemukakan, Bulog Sub-Divre Bondowoso tercatat urutan nomor dua tercepat penyaluran beras sejahtera kepada keluarga penerima manfaat (KPM)dari puluhan kabupaten/kota di Jawa Timur.

Sedangkan untuk kecepatan penyelesaian pembayaran beras subsidi pemerintah bagi keluarga kurang mampu itu, katanya, berada pada urutan nomor empat dari kabupaten lain di Jawa Timur.

"Sesuai data penerima beras sejahtera di Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Situbondo sebanyak 161.575 orang keluarga penerima manfaat Rastra, masing-masing penerima menebus berasnya Rp1.600 per kilogram," katanya.

Adhekan merinci, jumlah KPM beras sejahtera di Kabupaten Bondowoso sebanyak 91.011 orang atau berkurang dari tahun sebelumnya (2016) sebanyak sekitar 101 ribu lebih yang tersebar di 23 kecamatan dan di Kabupaten Situbondo tercatat sebanyak 70.564 orang yang tersebar di 17 kecamatan.

"Untuk penyaluran beras sejahtera pada tahun 2018, kami masih menunggu data terbaru keluarga penerima. Karena biasanya datanya bisa berubah bertambah atau berkurang," tuturnya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017