Madiun (Antara Jatim) - Harga kebutuhan bahan pokok di sejumlah pasar tradisional Kota Madiun, Jawa Timur  mulai naik sejak sepekan terakhir akibat tingginya permintaan konsumen.
     
Pantauan di Pasar Sleko dan Pasar Besar Baru Kota Madiun, sejumlah komoditas yang mengalami kenaikan harga di antaranya telur ayam ras dan aneka sayuran seperti cabai keriting, cabai merah besar, dan tomat.
     
"Kenaikan harga telur ayam terjadi sejak sepekan terakhir. Kalau sayuran seperti tomat dan cabai, naiknya sejak memasuki musim hujan," ujar seorang pedagang di Pasar Sleko Madiun, Lastri, Sabtu.
     
Harga telur ayam ras naik dari kisaran Rp18.000 hingga Rp18.500 per kilogram menjadi Rp21.000 hingga Rp22.000 per kilogram.
     
Sedangkan, harga cabai keriting naik bertahap dari Rp28.000 per kilogram menjadi Rp35.000 per kilogram. Bahkan di Pasar Sleko Kota Madiun, harga cabai keriting telah mencapai Rp40.000 per kilogram. 
     
Harga cabai merah besar naik dari Rp24.500 menjadi Rp30.000 per kilogram, sedangkan harga tomat sebelumnya Rp5.000 hingga Rp8.000 kini menembus Rp11.000 per kilogram.
     
Menurutnya, kenaikan harga itu, terlebih untuk cabai dan tomat disebabkan karena stok di pasaran saat ini mulai terbatas. Buah tomat banyak yang rusak akibat curah hujan yang tinggi di sentra produksi seperti wilayah Plaosan, Magetan, seiring memasuki musim hujan. Demikian juga dengan cabai keriting dan merah besar.
     
Akibatnya, harga kulakan yang diperoleh pedagang dari pihak distributor dan pengepul juga mengalami kenaikan. 
     
"Dari harga kulakan sudah tinggi. Sehingga otomatis harga jualnya juga naik. Banyak juga ibu-ibu yang protes, tapi ya mau bagaimana lagi," kata dia. 
     
Kepala Dinas Perdagangan Kota Madiun Gaguk Haryono menanggapi naiknya harga komoditas hortikultura tersebut mengatakan, selain pengaruh cuaca juga karena banyaknya permintaan.
     
"Memang permintaan juga tinggi, jadi ada kenaikan harga. Meski demikian, stok di pasaran tetap aman," kata Gaguk. 
     
Sementara, harga beras terpantau stabil tinggi, yakni beras kualitas biasa IR 64 Rp9.500, beras kualitas bagus jenis mentik dan bengawan yang masih di kisaran Rp10.000 hinggga Rp11.000 per kilogram.
     
Sedangkan, gula pasir stabil di angka Rp11.500 per kilogram, daging ayam potong Rp29.500 per kilogram, daging sapi Rp110.00 per kilogram, dan cabai rawit Rp16.000 per kilogram. (*)


Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017