Surabaya (Antara Jatim) - Ribuan prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) membersihkan Sungai Kalimas, Surabaya, Jumat, sebagai bagian dari rangkaian kegiatan memperingati Hari Armada Republik Indonesia .
     
"Sebenarnya kegiatan ini telah berlangsung sejak tiga minggu yang lalu. Hari ini kami melaksanakan seremonial upacara pembukaan program bersih-bersih Kalimas dengan melibatkan 5.500 personel," ujar Kepala Staf Komando Armada Republik Indonesia Kawasan Timur (Kasarmatim) Laksamana Pertama TNI Robert W Tappangan kepada wartawan, usai upacara pembukaan yang berlangsung di Dermaga Kalimas, Jalan Ketabangkali, Surabaya. 
     
Dia mengatakan 5.500 personel ini tak hanya berasal dari anggota TNI AL dari Komando Armada Republik Indonesia Kawasan Timur (Koarmatim) saja. "Kami juga libatkan anggota TNI lainnya yang ada di Surabaya," katanya.
     
Tak cuma itu, dia menambahkan, kegiatan bertajuk Program Kalimas Bersih (Prokasih) ini juga merangkul anggota kepolisian, instansi masyarakat kemaritiman, pemerintah kota (Pemkot), dan seluruh lapisan masyarakat di Surabaya. 
     
"Sungai Kalimas memiliki nilai sejarah dalam memperebutkan kemerdekaan Republik Indonesia," katanya.
     
Untuk itu, melalui kegiatan Prokasih dalam rangkaian peringatan Hari Armada Republik Indonesia, Robert berharap dapat mengembalikan fungsi Sungai Kalimas seperti pada masa jayanya dulu. 
     
Dia menjelaskan, Sungai Kalimas dulu adalah jalur bagi kapal-kapal kecil serta lalu lintas perdagangan masyarakat Kota Surabaya. 
     
"Kami ingin mengembalikan fungsi itu di masa sekarang, sebagai jalur lalu lintas perdagangan maupun tempat wisata bagi masyarakat lokal dan mancanegara," katanya. Karenanya Robert menyatakan kegiatan Prokasih akan digelar secara rutin.
     
Panitia kegiatan Prokasih dalam rangkaian peringatan Hari Armada Republik Indonesia dipercayakan kepada Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) V Surabaya.
     
Kepala Dinas Penerangan Lantamal V Surabaya Mayor Rohman Arif mengatakan kegiatan ini telah berlangsung sejak 20 Oktober.
     
Dia mengatakan, sejak 20 Oktober peserta Prokasih telah mengangkat sampah di sepanjang Sungai Kalimas sebanyak 800 truk.  
     
"Kami mengerahkan empat eskavator milik Dinas Pekerjaan Umum Pemkot Surabaya dan Balai Besar Wilayah Sungai Brantas untuk mengeruk sampah di Sungai Kalimas," ucapnya. (*)  

Pewarta: Hanif N

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017