Surabaya (Antara Jatim) - Badan penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo menyasar kepesertaan dari komunitas usaha mikro kecil menengah (UMKM) Surabaya Bersinar melalui kegiatan sosialisasi program.

Kabid Pemasaran Ferina Y Agustina Burhan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo mewakiliki Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo Poedji Santoso, Senin mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan jumlah kepesertaan.

"Kegiatan yang dilakukan pada akhir pekan kemarin itu dihadiri oleh sekitar 100 pelaku UMKM Surabaya Bersinar," ujarnya di Surabaya.

Ia mengatakan, pihaknya terus mendorong para pekerja UMKM sebagai peserta baru program jaminan sosial tenaga kerja.

"Kami menyadari betul bahwa masih banyak pelaku usaha yang belum mengenal, mengetahui dan tentunya belum mendaftarkan kepesertaan pekerjanya dalam program-program BPJS Ketenagakerjaan," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya memberikan simbolisasi kepada Komunitas UMKM Surabaya Bersinar yang dalam hal ini diwakili oleh Yayuk Sri Wahyuningsih, sebagai bentuk komitmen para pelaku usaha UMKM Komunitas Baru Surabaya mendukung dan bergabung menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Para pekerja UMKM seharusnya mendapatkan perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan seperti jaminan kecelakaan kerja (JKK), jaminan kematian (JK), hingga jaminan hari tua (JHT)," katanya.

Ia mengatakan, perlindungan ini harus nyata segera direalisasikan untuk membantu para peserta yang mengeluarkan sejumlah biaya akibat peristiwa tidak pasti dari pekerjaannya.

Menurutnya, sampai sekarang jumlah tenaga kerja aktif penerima upah dan bukan penerima Upah BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo mencapai 121.433 peserta.

"Jumlah ini masih terus ditingkatkan untuk melindungi seluruh pekerja khususnya di Kota Surabaya dan jumlah klaim yang mencapai Rp9,3 miliar," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017