Surabaya (Antara Jatim) - Bakal calon Wakil Gubernur Jawa Timur Abdullah Azwar Anas menggerakkan diplomasi dengan kue tradisional keliling daerah sambil melakukan konsolidasi bersama pengurus maupun kader partai pengusungnya.

"Saya membawa oleh-oleh jajanan tradisional untuk para pengurus dan kader partai serta para tokoh partai," ujarnya kepada wartawan di Surabaya, Jumat.

Menurut dia, diplomasi kue tradisional diyakini mampu merekatkan dan membuat suasana gembira, bukan malah menciptakan permusuhan.

Selain itu, strategi yang dilakukannya untuk menguatkan konsolidasi yaitu dengan mampir ke sentra-sentra kuliner dan usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) di daerah yang dikunjungi.

Di sana, Bupati Banyuwangi tersebut biasa membuat video singkat untuk mempromosikan kuliner dan UMKM bersangkutan.

"Ini juga sebagai bentuk terima kasih karena kekuatan kuliner dan UMKM ini luar biasa dalam membantu pemerintah menopang ekonomi rakyat," ucapnya.

Konsolidasi politik, kata dia, saat ini terus berjalan untuk memastikan semua mesin pemenangan bekerja dengan baik

Bupati yang dikenal dengan segudang prestasinya tersebut mengharapkan di setiap daerah, partai pengusung (PDIP-PKB) maupun jaringan relawan berkolaborasi menyosialisasikan duet Gus Ipul dan Anas.

"Ada optimisme yang kuat di setiap konsolidasi politik ini. Mesin partai juga terus bergerak, kami rutin ketemu dengan para kader hingga tingkat anak cabang dan ranting," katanya. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017