Surabaya (Antara Jatim) - BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Surabaya Darmo sampai dengan periode September 2017 telah menyalurkan dana klaim sebanyak Rp93 miliar dengan jumlah kasus sebanyak 9.213 klaim.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Surabaya Darmo, Poedji Santoso, Rabu mengatakan, dari jumlah tersebut terdiri dari 7.953 klaim untuk jaminan hari tua dengan nilai Rp81 miliar.

"Kemudian sebanyak 122 klaim jaminan kematian dengan nilai klaim sebanyak Rp3,3 miliar, sebanyak 932 klaim untuk jaminan kecelakaan kerja dengan nilai Rp8,4 miliar serta 206 klaim jaminan pensiun dengan nilai Rp378 juta," ujarnya.

Ia mengemukakan, khusus untuk program jaminan kecelakaan kerja sebanyak 70 persen kejadian kecelakaan terjadi di dalam.perusahaan saat bekerja dan sebanyak 27 persen kecelakaan lalu lintas baik berangkat atau juga pulang kerja.

"Negara hadir melalui peran BPJS Ketenagakerjaan dalam memberikan perlindungan kepada seluruh pekerja. Hal Ini diwujudkan dengan pemberian santunan klaim jaminan kecelakaan kerja meninggal kepada ahli waris dari tenaga kerja yang mengalami kecelakaan kerja," katanya.

Ia mengatakan, BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Surabaya Darmo sebelumnya memberikan santunan kepada ahli waris almarhum Syamsudin yang meninggal dunia karena mengalami kecelakaan kerja.
      
"Total santunan program jaminan kecelakaan kerja yang diterimakan kepada ahli waris Almarhum sebesar Rp242 juta lebih," ujarnya.

Ia mengemukakan, total santunan yang diberikan tersebut meliputi santunan jaminan kecelakaan kerja meninggal Rp211 juta, santunan berkala Rp4,8 juta, biaya pemakaman Rp3 juta, tabungan jaminan hari tua Rp11 juta dan beasiswa anak Rp12 juta.


"Santunan diberikan melalui manajemen PT Greensol Indonesia tempat peserta bekerja untuk mewakili ahli waris almarhum Syamsudin," ujarnya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017