Surabaya (Antara Jatim) - Perseroan Terbatas Pertamina (Persero) meluncurkan aplikasi "Bright Home Service" atau pelayanan pesan antar berbasis digital melalui sistem gawai yang memudahkan konsumen sebagai bentuk layanan optimal kepada konsumen elpiji.

"Melalui aplikasi ini, konsumen dapat dengan mudah memesan produk elpiji lewat aplikasi yang ada pada gawai dengan jaminan pelayanan yang profesional dan tepat waktu hingga diantar sampai ke tangan konsumen," ucap Vice President Domestic Gas PT Pertamina, Kusnendar di Surabaya, Minggu.

Kusnendar pada saat peluncuran aplikasi di salah satu pusat perbelanjaan Surabaya mengatakan, layanan ini memudahkan konsumen dalam melakukan pemesanan dan pembelian produk elpiji bright gas ukuran 5,5 kg dan bright gas 12 kg serta elpiji 12 kg untuk kebutuhan sehari-hari.

"Aplikasi Bright Home Service ini hadir sebagai salah satu upaya Pertamina untuk terus melahirkan inovasi baru yang dapat menunjang kebutuhan konsumen. Di sisi lain, aplikasi ini diharapkan dapat mendukung penjualan dan pengembangan pasar bright gas," katanya.

Dalam aplikasi ini, kata dia, konsumen bisa melakukan pemesanan produk dengan cara terlebih dahulu mengunduh aplikasi Bright Home Service secara gratis di Google Play Store - Android, kemudian mendaftarkan akun dalam aplikasi.

Selanjutnya, konsumen melakukan pemesanan pada menu Pesan Gas, dan memilih jenis produk elpiji yang diinginkan termasuk jumlah yang dibutuhkan, lalu memasukan alamat dan waktu pengiriman.

"Diakhir, konsumen akan mendapatkan Bukti Pesan (e-invoice) dan pembayaran dilakukan saat elpiji telah sampai diantar ke konsumen (cash on delivery)," tuturnya.

Ia berharap, seluruh konsumen dapat memanfaatkan aplikasi ini karena akan memudahkan konsumen atau masyarakat baru yang ingin membeli tabung perdana ataupun trade-in elpiji 3 kg dan 12 kg dengan bright gas.

Di aplikasi ini, Kusnendar mengaku, konsumen juga dapat mengecek ataupun melacak status pemesanan serta mendapatkan berbagai informasi promo produk elpiji.

"Pada bulan pertama, aplikasi Bright Home Service ditargetkan pengunduhnya sebanyak 13.300 pengguna (user), dan Surabaya menjadi pilot uji coba aplikasi, dan dibagi menjadi empat titik pemesanan, yakni Kecamatan Sukomanunggal, Kecamatan Sambikerep, Kecamatan Dukuh Pakis dan Kecamatan Sawahan," tuturnya.

Kusnendae mengaku, pada bulan pertama ini, pengunduh aplikasi promo akan mendapatkan potongan harga elpiji untuk pembelian tabung perdana dan penukaran isi ulang bright gas 5,5 kg, bright gas 12 kg dan elpiji 12 kg serta promo potongan harga untuk tukar tambah elpiji 3 kg dan elpiji 12 kg ke bright gas.

"Ke depan, aplikasi ini kami target dapat menjangkau seluruh konsumen secara nasional pada pertengahan tahun 2018 setelah tahapan uji coba ini. Dan kami akan terus kembangkan dan sempurnakan menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen yang dinamis," katanya.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017