Kediri (Antara Jatim) - Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar meminta agar Panitia Pengawas (Panwas) Kecamatan ikut menjaga situasi kondusif menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 di Kota Kediri, Jawa Timur, agar aman.
     
"Pastinya semua menginginkan Kota Kediri ini nyaman, aman, tenang, dan investasi berjalan dengan baik untuk menggerakkan perekonomian di Kota Kediri. Untuk itu situasi kondusif di Kota Kediri harus tetap dijaga dalam pelaksanaan pilkada nanti," katanya di Kediri, Kamis.
    
Wali Kota dalam acara pengambilan sumpah Panitia Pengawas (Panwas) Kecamatan, Kota Kediri itu mengakui, saat pilkada nanti dimungkinkan akan banyak perbedaan. Namun ia berharap hal itu tidak terlalu dipermasalahkan. Diharapkan, seluruh elemen bisa saling menjaga, sehingga bisa tercipta situasi yang kondusif. 
     
Wali Kota menyebut, kunci untuk mencitpakan situasi yang kondusif salah satunya komunikasi yang cukup baik dengan berbagai elemen mulai dari panitia pengawas hingga masyarakat. Dengan itu, masyarakat juga bisa tenang termasuk ketika memutuskan menggunakan hak suaranya.  
     
"Kuncinya ada pada komunikasi. Harus ada komunikasi yang baik antara panwas, KPU dan peserta pilkada. Jika komunikasi terjalin dengan baik pastinya kondusifitas akan terjaga dengan baik," ujarnya. 
     
Ia juga berharap agar kepolisian juga ikut berperan aktif dalam menghadapi berbagai isu yang bisa menciptakan perpecahan salah satunya kampanye hitam. Menjelang pilkada terkadang terjadi kampanye hitam, sehingga merugikan pasangan calon. Terlebih lagi. saat ini kampanye hitam itu banyak terjadi melalui ujaran kebencian di jejaring sosial.
     
KPU melakukan pengambilan sumpah panwas kecamatan di sebuah hotel Kota Kediri. Dalam pelantikan dan pengambilan sumpah ini terdapat sembilan orang panitia pengawas yang dilantik menjelang Pilkada Kota Kediri yang berlangsung serentak pada 2018. Di Kediri, ada tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Kota, Mojoroto, dan Pesantren. Seluruh panitia pengawas itu akan bertugas terbagi di tiga kecamatan tersebut. 
     
"Ada sembilan panitia pengawas kecamatan yang dilantik. Mereka akan ikut mengawasi pelaksanaan pilkada," kata Ketua Ketua Panwas Pilkada Kota Kediri Yoni Bambang Suryadi. 
     
Dalam acara tersebut, selain dihadiri Wali Kota Kediri, juga hadir pula perwakilan Forkopimda Kota Kediri, pimpinan partai politik se-Kota Kediri, serta sejumlah tamu undangan lainnya. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Akhmad Munir


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017