Madiun (Antara Jatim) - Sebanyak 1.300 anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kota Madiun, Jawa Timur mengikuti pelatihan dan bimbingan teknis guna persiapan pengamanan pilkada serentak tahun 2018.
     
Wali Kota Madiun Sugeng Rismiyanto mengatakan satlinmas memiliki tugas penting dalam pengamanan lingkungan masyarakat. Dan, keamanan merupakan elemen yang tak terpisahkan sebagai pendorong pembangunan guna mewujudkan tingkat kesejahteraan masyarakat.
     
"Hubungan antara keamanan dengan pembangunan dan tingkat kesejahteraan dengan tingkat ekonomi masyarakat tidak bisa dipisahkan. Dan anggota satlinmas berperan juga dalam mewujudkan hal tersebut," ujar Wali Kota Madiun Sugeng Rismiyanto di Madiun, Kamis.
     
Dalam pilkada nanti, sebagai petugas keamanan lingkungan, anggota satlinmas diharapkan mampu memberikan informasi yang jelas kepada masyarakat.
     
"Apabila ada oknum yang menyebarkan berita bohong maupun ujaran kebencian, dapat diingatkan dan jika perlu dilaporkan ke pihak berwenang," kata dia. 
     
Pihaknya juga meminta anggota satlinmas untuk mengoptimalisasikan fungsinya dalam deteksi dini (Deni) dan cegah dini (Ceni) terhadap hal-hal yang mampu mengancam stabilitas keamanan negara dan lingkungan masyarakat. 
     
"Sehingga kondusifitas lingkungan dapat terwujud, terlebih saat masa pilkada serentak mendatang," tambah Sugeng.
     
Sementara, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Madiun Sunardi mengatakan pelatihan dan bimbingan teknis tentang kesiapan pengamanan Pilkada 2018 tersebut digelar pada tanggal 10-21 Oktober 2017. 
     
"Pada tanggal 10-18 Oktober dilakukan penyampaian materi di Gedung Pertemuan Kantor Kecamatan Kartoharjo. Dan pada tanggal 19–21 Oktober digunakan untuk latihan fisik di halaman GOR Stadion Wilis Kota Madiun," kata Sunardi. 
     
Pihaknya berharap, dengan adanya pelatihan dan bimbingan teknis tersebut, anggota satlinmas Kota Madiun dapat berperan maksimal dalam pengamanan pilkada mendatang.
     
Seperti diketahui, tahun 2018 mendatang akan diadakan pilkada serentak se-Indonesia, yaitu pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta wali kota dan wakil wali kota. 
     Di Jawa Timur, ada sebanyak 18 kabupaten/kota yang melaksanakan pilkada, termasuk Kota Madiun. Sesuai rencana, perhelatan Pilkada Kota Madiun akan dilaksanakan pada Juni 2018. (*)
     

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017