Situbondo (Antara Jatim) - Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Merangkul Rakyat Kecil (LPM Merak) bekerja sama dengan Yayasan "The John Fawcett Foundation" dan Pemkab setempat kembali menggelar pemeriksaan dan operasi mata katarak gratis mulai 10 hingga 14 Oktober 2017.

"Pada tahun ini kami menargetkan sebanyak 2.940 orang masyarakat kurang mampu mendapatkan pemeriksaan dan maupun operasi mata katarak," ujar Ketua Panitia Pelaksana Pemeriksaan Mata dan Operasi Mata Gratis Situbondo, Amir Nasrullah di Situbondo, Selasa.

Dari target 2.940 orang (pasien) itu, lanjut dia, 2.500 untuk pemeriksaan mata sekaligus pemberian kacamata dan 400 orang untuk operasi mata katarak serta 40 orang 40 orang pemasangan bola mata palsu (protessa).

Selain itu, katanya, pemeriksaan dan operasi mata katarak serta pemasangan bola mata palsu atau protessa, pada hari terakhir juga akan melakukan pemeriksaan mata gratis khusus bagi 300 siswa sekolah dasar.

"Untuk tahun ini jumlahnya lebih banyak dari tahun lalu, baik itu yang operasi katarak maupun pemeriksaan mata yang secara umum. Tahun lalu operasi katarak hanya sebanyak 200 orang dan protessa 10. Sedangkan pemeriksaan mata dan pemberian kacamata gratis 2000 dan tahun ini jadi 2.500 orang," katanya.

Nasrullah menambahkan, kegiatan bakti sosial  ini diharapkan dapat terus terlaksana setiap tahun dan motivasi terselenggaranya pengobatan dan operasi katarak secara gratis guna membantu masyarakat yang kurang mampu.

Operasi mata dan pengobatan gratis yang digagas oleh LPM Merak, menurutnya, akan memprioritaskan atau mengoperasi kepada penderita yang usia produktif dan lanjut usia.

Terselenggaranya kegiatan bakti sosial layanan kesehatan mata bekerja sama dengan Yayasan "The John Fawcett Foundation" dan berkantor di Denpasar-Bali, itu di Situbondo adalah yang kedua kalinya. (*)
Video oleh Novi Husdinariyanto

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017