Sidoarjo (Antara Jatim) - Petugas Kepolisian Resor Sidoarjo, Jawa Timur menangkap pelaku pembobolan kantor PT AU yang ada di Kecamatan, Krian, Sidoarjo, Jawa Timur dan berhasil membawa kabur uang tunai sebanyak Rp39 juta.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polresta Sidoarjo, Jawa Timur, Komisaris Polisi Muhammad Harris, Selasa mengatakan, atas pengungkapan kasus ini petugas berhasil menangkap seorang pelaku yang berinisial JS warga Mojokerto.

"Saat itu, petugas berhasil menangkap pelaku saat sedang tidur di rumahnya usai mendapatkan laporan dari kantor yang dibobolnya," ujarnya di Sidoarjo.

Ia mengemukakan, peristiwa pencurian dengan pemberatan tersebut pertama kali deketahui oleh tiga orang karyawan yang saat itu masuk kantor usai libur selama satu hari.

"Mereka kaget saat melihat laci dalam keadaan terbuka. Saat dilihat, ternyata uang sebanyak Rp39 juta yang berada di dalam laci hilang," ucapnya.

Ia mengatakan, tidak hanya uang tunai saja yang hilang, tetapi dua unit telepon genggam sebagai inventaris kantor juga hilang dalam peristiwa tersebut.

"Ketika karyawan berkeliling, mereka juga mendapati jendela kamar mandi rusak. Pelaku ini pertama kali memanjat dinding setinggi tiga meter menggunakan tali dan masuk melalui jendela kamar mandi," ujarnya.

Dari pengakuan tersangka, kata dia, tersangka mengaku hasil curiannya digunakan untuk membeli kalung dan cincin emas senilai Rp13 juta.

"Sedangkan sisanya, dihabiskan pelaku untuk kebutuhan sehari-hari. Barang bukti yang berhasil kami sita berupa perhiasan yang dibeli dari hasil curian, alat yang digunakan pelaku dan dua buah telepon genggam," katanya.

Akibat perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang tindak pidana pencurian dengan ancaman kurungan maksimal 5 tahun penjara.

"Kami meminta kepada masyarakat untuk segera melaporkan kepada kami kalau melihat ada tindakan yang mencurigakan," ujarnya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017