Bojonegoro (Antara Jatim) - Kapolda Jawa Timur Irjen Pol. Machfud Arifin mengharapkan semua kepolisian resor (polres) di wilayah kerjanya bisa membangun rumah babinkamtibmas di desa sebagai usaha mendekatkan polisi kepada masyarakat.

"Di Jawa Timur belum seluruh polres memiliki rumah babinkamtibmas, karena dengan jumlah 271 rumah babimkamtibmas lokasinya di 19 polres," kata dia di Bojonegoro, Selasa.

Oleh karena itu, ia mengharapkan polres lainnya di Jatim, antara lain, Polres Gresik, Tuban, Sidoarjo dan Tuban, bisa segera menyusul Polres Bojonegoro yang bisa membangun 43 rumah babinkamtibmas.

"Semoga semua polres di Jatim bisa membangun rumah bhabinkamtibmas seperti di Bojonegoro bekerja sama dengan pemerintah kabupaten (pemkab)," ucapnya.

Menurut dia, keberadaan rumah bhabimkamtibmas sangat mendukung program polri bahwa harus ada satu polisi di satu desa.

Oleh karena itu, ia meminta rumah bhabinkamtibmas yang sudah dibangun itu ditempat petugas polisi sehingga bisa dengan cepat mengatasi berbagai permasalahan sosial di desa. Dengan demikian  petugas polisi yang sehari-hari berada di desa yang menjadi tempat tugasnya bisa secara langsung membantu masyarakat.

"Ya kurang tepat apabila seorang petugas polisi yang ditugaskan di desa A tetapi menempati rumah di desa B," ucapnya memberikan gambaran.

Hal senada disampaikan Kabaharkam Polri Komjen Pol. Putut Eko Bayuseno yang menyatakan petugas polisi yang ditempatkan di rumah babinkamtibmas harus bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Selain itu, lanjut dia, keberadaan petugas di rumah babinkamtibmas harus mampu mendeteksi gangguan kamtibmas di desa setempat.

"Petugas harus bisa membantu masyaratkat agar tidak menjadi korban kejahatan, laka dan bencana," kata dia menjelaskan.

Pada kesempatan itu, Bupati Bojonegoro Suyoto mengapresiasi deklarasi daerahnya menjadi kampung pesilat yang akan mendukung keamanan dalam pilkada yang akan bersinergi dengan tiga pilar plus yaitu babinsa, bhabinkamtibmas, kepala desa (kades) serta tokoh agama dan masyarakat.

Di Bojonegoro Komjen Pol. Putut Eko Bayuseno, dengan didampingi Kakorbinmas Baharkam Polri Irjen Pol. Arkian Lubis, Karobinopsnal Baharkam Polri Brigjen Pol. Edy Sumitro Tambunan, dan jajaran Polda Jatim lainnya menyaksikan deklarasi Bojonegoro kampung pesilat.

Komjen Pol. Putut Eko Bayuseno juga menandatangani peresmian Kantor Polsek Kepohbaru, Tambakrejo dan Ngraho dan 48 rumah bhabinkamtibmas yang tersebar di 23 kecamatan. (*)
Video oleh Slamet Agus Sudarmojo

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017