Sumenep (Antara Jatim) - Rencana penerbangan perintis di rute Sumenep (Bandara Trunojoyo)-Pulau Pagerungan, Kecamatan Sapeken (Bandara Pagerungan) kemungkinan besar terealisasi pada 2018.

"Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sudah memprogramkan penerbangan perintis Sumenep-Pagerungan sebagai salah satu kegiatan pada 2018. Sudah masuk program 2018," kata Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Wahyu Siswoyo di Sumenep, Jawa Timur, Kamis.

Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo adalah instansi kepanjangan tangan Kemenhub yang berada di Sumenep.

Sejak 2015, Bandara Trunojoyo Sumenep menjadi bagian dari jalur penerbangan pesawat perintis atau bersubsidi yang merupakan program Kemenhub.

Namun, sejak 2015 hingga sekarang, rute penerbangan pesawat perintis dari Bandara Trunojoyo itu belum ke pulau-pulau di Sumenep.

Pemkab Sumenep menginginkan sejumlah pulau di wilayahnya menjadi bagian dari jalur penerbangan pesawat perintis.

Di Pulau Pagerungan, terdapat bandara milik Kangean Energy Indonesia (KEI), kontraktor kontrak kerja sama (K3S) atau pengelola lapangan minyak dan gas bumi (migas) yang sebagian wilayah operasionalnya di Sapeken.

Pemerintah daerah pun mengajukan permohonan kepada SKK Migas dan Kangean Energy Indonesia (KEI) agar Bandara Pagerungan bisa dimanfaatkan sebagai bandara perintis. 

Wahyu meminta para pihat terkait di Pemkab Sumenep segera menyiapkan dan membenahi Bandara Pagerungan yang sebelumnya berstatus bandara khusus menjadi bandara perintis.

"Manajemen KEI sudah tidak keberatan Bandara Pagerungan dimanfaatkan sebagai bandara perintis. Namun, memang ada beberapa hal yang harus diselesaikan oleh pemerintah daerah, di antaranya menyiapkan terminal penumpang," ujarnya. 

Ia optimistis pihak terkait di pemerintah daerah bisa menyelesaikan beberapa hal untuk menyiapkan Bandara Pagerungan sebagai bandara perintis dalam kurun waktu satu hingga dua bulan mendatang.

"Kalau beberapa hal yang harus dibenahi itu bisa diselesaikan paling lambat pada akhir 2017, penerbangan perintis di jalur Sumenep-Pagerungan bisa direalisasikan pada awal 2018," kata Wahyu, menambahkan. 

Sapeken adalah salah satu kecamatan pulau di Sumenep yang memiliki puluhan pulau berpenghuni, salah satunya Pagerungan. (*)
Video oleh: Slamet Hidayat

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017