Surabaya (Antara Jatim) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Surabaya menilai Kota Surabaya sudah layak masuk kategori kota kreatif dunia sesuai standar yang ditetapkan Unesco.
     
"Kota Surabaya sangat layak untuk segera mendapatkan julukan kota kreatif dunia dari Unesco menyusul Pekalongan dan Bandung," kata Ketua Kadin Surabaya Jamhadi di Surabaya, Rabu.

Untuk itu, lanjut dia, Kadin Surabaya mendorong Pemerintah Kota Surabaya serta kalangan akademisi, pengusaha serta komunitas di Surabaya untuk bersama-sama mewujudkan hal itu.

"Untuk kota kreatif sendiri menjadi element penting dalam kemajuan ekonomi di kota itu sendiri," kata Co Founder Surabaya Creative forum (SCF) ini.

Selain itu, lanjut dia, manfaat dari kota kreatif ini yaitu bisa menempatkan kekayaan ragam budaya Surabaya dalam kerangka global. "Jadi, potensi ekonomi dalam bisnis kreatif ini menguntungkan," katanya.

Lebih lanjut, Jamhadi mengatakan prosedur untuk menjadi kota kreatif tidaklah sulit karena Surabaya sudah memenuhi kriteria. "Ada bukti bahwa kota kreatif dan inovatif itu memiliki penduduk yang sejahtera dengan pendapatan per kapita sangat layak," katanya.

Apalagi Surabaya memiliki banyak perguruan tinggi bagus yang rata-rata ada jurusan IT dan media. "Ini bisa mendukung, Surabaya masuk jejaring kota kreatif versi Unesco," katanya.

Jamhadi mencontohkan Pekalongan yang sudah lebih dulu menjadi kota kreatif pada tahun 2014 karena 70 persen masyarakat di sana berkarya seperti membatik.

"Untuk mencapai kota kreatif, tergantung kepala daerah setempat," ujarnya. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017