Bondowoso (Antara Jatim) - Pemerintah Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, kembali menggelar kontes ternak sapi hasil inseminasi buatan (IB) guna mendorong kesadaran para peternak meningkatkan mutu genetik melalui teknologi IB.

"Kontes ternak sapi ini merupakan upaya pemerintah daerah mendorong peternak untuk tetap menjaga kualitas sapi hasil IB. Karena ternak sapi hasil inseminasi buatan bisa mengahasilkan sapi yang berkualitas dengan bobot atau berat di atas satu ton," kata Bupati Bondowoso Amin Said Husni di sela menghadiri Kontes Ternak Sapi di Alun-Alun Kabupaten Bondowoso, Kamis.

Selain dapat menghasilkan bobot di atas satu ton, lanjut dia, sapi hasil IB juga dapat berdampak pada meningkatnya harga sapi milik peternak di Kota Tapai itu.

Kabupaten Bondowoso, katanya, merupakan salah satu daerah lumbung ternak sapi di Jawa Timur, sehingga pemerintah daerah terus melakukan berbagai upaya untuk mempertahankan predikat tersebut dan salah satunya dengan menggelar kontes ternak sapi yang rutin digelar setiap tahun.

"Pemkab akan terus mendorong peningkatan populasi ternak di Bondowoso sehingga posisi Bondowoso sebagai salah satu pemasok daging terbesar di Jawa Timur bisa terus dipertahankan dan bahkan ditingkatkan di masa yang akan datang," katanya.

Bupati Amin Said menambahkan, ternak sapi yang mengikuti kontes dan menang itu, nantinya akan diikutkan kontes ternak sapi ke tingkat Provinsi Jawa Timur. Dengan tujuan agar para peternak bisa mendapatkan wawasan lebih.

Data diperoleh, kontes ternak sapi hasil insemenasi buatan (IB) ini diikuti 158 ekor sapi yang tersebar hampir di seluruh kecamatan di Kabupaten Bondowoso, dan berlangsung selama dua hari sejak Rabu (6/9) hingga 7 September 2017. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017