Pamekasan (Antara Jatim) - Seorang haji asal Pamekasan, Jawa Timur, meninggal dunia di Mekkah, Arab Saudi, Senin sekitar pukul 01.30 waktu setempat, akibat penyakit komplikasi yang dideritanya.

"Jamaah haji yang meninggal dunia itu bernama Mohammad Noer Abdul Koher asal Desa Tamberu, Kecamatan Batumarmar, Pamekasan," kata Kasi Haji dan Umroh Kemenag Pamekasan Afandi per telepon, Senin malam.

Mohammad Noer meninggal di usia 69 tahun karena penyakit tekanan darah tinggi dan stroke yang di deritanya. Ia tergabung pada Kelompok Terbang (Kloter) 61 dan selama ini yang bersangkutan memang tercatat sebagai  jamaah berisiko tinggi.

Menurut Afandi, jenazah alamarhum akan dimakamkan di tanah suci Makkah atas persetujuan pihak keluarga. "Beliau meninggal di kamar hotelnya," kata Afandi.

Ia menduga, Almarhum kecapean setelah melakukan serangkan kegiatan ibadah wajib dalam pelaksanaan ibadah haji.

"Semoga Almarhun husnul khotimah dan diterima amal ibadahnya serta  diampuni dosanya," ucap Afandi. 

Menurut Kasi Haji dan Umroh Kemenag Pamekasan Afandi, jumlah jamaah yang menunaikan ibadah haji tahun ini, awalnya sebanyak 963 orang, tapi dua di antaranya meninggal dunia sebelum berangkat ke Tanah Suci Mekkah.

Mereka itu tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 57, 58, dan 59, serta kloter 61 yang merupakan gabungan dari jamaah dari luar Kabupaten Pamekasan.

"Maka dengan adanya jamaah yang meninggal dunia ini, termasuk dua yang gagal berangkat, kini jamaah haji asal Pamekasan tinggal 960 orang," katanya, menjelaskan. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017