Bojonegoro (Antara Jatim) - Penyanyi dan pencipta lagu bergenre balada Ferry Curtis asal Purwakarta, Jawa Barat, menghibur seratusan pramuka Saka Wanabakti di objek wisata Kahyangan Api di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Minggu.

Ia sekaligus membawakan enam buah lagu berkolaborasi dengan Alaska Band milik Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bojonegoro.

"Semua pramuka harus memiliki kebiasaan gemar membaca," kata dia kepada anggota pramuka Saka Wanabakti Bojonegoro, Tuban dan Blora, Jawa Tengah, yang mengikuti kegiatan Giri Wana Rally 2017.

Ia pun dengan membawa gitar akustik kemudian turun ke bawah berbaur bersama anggota pramuka yang duduk lesehan untuk membawakan lagu dengan judul Mari Membaca.

Selama ini, katanya, dirinya menjadi duta literasi sehingga kedatangannya ke daerah setempat juga sekaligus mengajak kepada semua anggota pramuka untuk rajin membaca buku.

Sebelum menyanyi, alumnus Jurusan Teater Sekolah Tinggi Seni Indonesia (kini ISBI) Bandung 1994 mengutip syair lagunya yaitu guru yang hebat senang membaca, murid yang pandai selalu membaca, pemimpin besar pasti membaca dan bangsa yang maju bangsa pembaca.

"Ayo semua setelah ini ke pustaka untuk membaca," ucapnya usai membawakan lagunya itu.

Tidak hanya itu, Ferry Curtis juga mengajak lagi  bernyanyi bersama anggota pramuka termasuk Kepala Kwarcab Pramuka Bojonegoro Hanafi (Kepala Dinas Pendidian),  Setyo Yuliono (mewakili Bupati Bojonegoro), Wakil Kepala Kwarcab Nurul Azizah (Kepala Dinas Lingkungan Hidup) dengan judul Apa Kabar.

Sebelum tampil Ferry Curtis yang sekarang menetap di Bandung mengaku tidak akan merekam lagu-lagunya secara komersial yang jumlahnya lebih dari 200 lagu dengan bergenre balada dengan alasan rawan dibajak.

"Saya hanya merekam biasa, tidak merekam untuk dipasarkan secara komersial, sebab sekarang rawan dibajak," kata dia.

Administratur Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bojonegoro Daniel Cahyono, menjelaskan kegiatan Giri Wana Rally 2017 yang melibatkan anggota pramuka tiga kabupaten itu digelar Saka Wanabakti KPH Bojonegoro.

Selain diisi kegiatan lomba lintas alam melintasi kawasan hutan jati di sekitar objek wisata Kahyangan Api, juga dimeriahkan penyanyi balada Ferry Curtis yang sekarang menetap di Bandung.

"Kegiatan utamanya lomba lintas alam yang diikuti anggota pramuka penegak," ucapnya. (*)
Video oleh: Slamet Agus Sudarmojo

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017