Surabaya (Antara Jatim) - Gubernur Jawa Timur Soekarwo menyerahkan sapi kurban milik Presiden RI Joko Widodo ke panitia Idul Adha Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya usai Shalat Id, Jumat.

"Alhamdulillah, Presiden RI Joko Widodo berkurban di Surabaya dan diserahkan ke Masjid Al-Akbar untuk dibagikan kepada yang berhak," ujarnya di sela penyerahan sapi kurban.

Sapi kurban milik Presiden berjenis peranakan ongole (PO) seberat 1,1 ton yang dibeli dari peternak asal Panceng, Gresik, Jawa Timur.

"Sapi ini asli dari Jawa Timur dan Presiden sudah kali ketiga berturut-turut berkurban di masjid ini. Semoga membawa berkah dan ridho Allah SWT," ucap Pakde Karwo, sapaan akrabnya.

Selain menyerahkan sapi kurban dari Presiden, orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut juga menyerahkan kurban miliknya, yakni berjenis sapi simental dengan berat 1 ton yang dibelinya dari peternak Lamongan.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Wakil Gubernur Saifullah Yusuf yang juga menyerahkan sapi kurban berjenis limosin dari Sidoarjo dengan berat 950 kilogram.

Di Masjid Al-Akbar, pada Idul Adha 1438 Hijriyah kali ini menerima sumbangan 23 ekor sapi dan lebih dari 60 ekor kambing.

Sementara itu, pada Shalat Id di masjid yang mampu menampung 60 ribu jamaah tersebut dipenuhi umat Islam, bahkan hingga ke pelataran masjid.

Bertindak sebagai imam adalah KH Abdul Hamid Abdullah yang merupakan Imam Besar Masjid Nasional Al-Akbar, dan khutbah oleh KH Husein Rifai yang juga Pengasuh Pondok Pesantren Jabal Nur Sidoarjo.

Mengambil tema "Meneladani keluarga Ibrahim AS dengan Menyukuri Kemerdekaan Indonesia", khatib berharap warga muslim Indonesia meneladani pejuang kemerdekaan yang mayoritas para ulama santun. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017