Sumenep (Antara) - Harga sejumlah komoditas, di antaranya harga  daging sapi,  di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Kamis, yang merupakan H-1 Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah, naik dibanding hari-hari sebelumnya dari Rp110 ribu per kilogram menjadi Rp120 ribu.

"Setiap tahunnya jika sudah H-1 Hari Raya Idul Adha, harga daging memang naik akibat permintaan komoditas tersebut meningkat," kata Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumenep, Sukaris di Sumenep.

Sementara itu,. harga daging ayam kampung dan ayam broiler juga naik jika dibanding sebelumnya, yakni dari Rp80 ribu per kilogram menjadi Rp85 ribu dan Rp30 ribu menjadi Rp32 ribu.

Selain itu, harga cabai merah besar biasa naik dari Rp9 ribu per kilogram menjadi Rp12 ribu dan bawang merah dari Rp16 ribu menjadi Rp20 ribu.

"Sesuai hasil laporan staf, ada satu komoditas yang harganya turun, yakni wortel dari Rp10 ribu per kilogram menjadi Rp8 ribu," kata Sukaris, menambahkan.

Sedangkan harga komoditas lainnya tercatat stabil, di antaranya beras pada kisaran Rp8.500 hingga Rp9.500 per kilogram, gula pasir Rp12 ribu, minyak goreng curah Rp12 ribu, dan mentega curah Rp21 ribu.

Harga cabai merah kecil biasa juga tetap Rp12 ribu per kilogram, bawang putih Rp20 ribu, kentang Rp13 ribu, tomat Rp6 ribu, dan kubis Rp5 ribu.

Staf  Disperindag Sumenep memantau harga kebutuhan pokok setiap hari di dua pasar di Kecamatan Kota, yakni Pasar Anom Baru sebagai lokasi utama dan Pasar Bangkal Baru sebagai pembanding. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017