Surabaya (Antara Jatim) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya merilis sebanyak 22 jamaah calon haji asal berbagai daerah di Jawa Timur (Jatim) meninggal dunia di Tanah Suci.
     
Wakil Sekretaris 1 PPIH Embarkasi Surabaya Sutarno Pertowiyono kepada wartawan di Surabaya, Jumat, mengumumkan jumlah calon jamaah haji yang meninggal tersebut berdasarkan data dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Daerah Kerja Mekah, yaitu terhitung sejak kelompok terbang (kloter) 1, yang diberangkatkan pada 28 Juli lalu, hingga kloter 80 yang tiba di Tanah Suci hari ini.
     
"Terakhir pada hari ini kami mendapat laporan dua calon haji asal Jawa Timur meninggal dunia, yaitu Badi Nurhadi Diran dan Purnomo Wasito Redjo Tenodjo," katanya.
     
Dia menjelaskan Badi Nurhadi Diran, usia 54 tahun, merupakan calon haji asal Surabaya yang tergabung dalam kloter 31, diinformasikan wafat di Rumah Sakit Arab Saudi akibat penyakit jantung. 
     
"Sedangkan Purnomo Wasito Redjo Tenojo, usia 61 tahun, merupakan calon haji asal Kota Probolinggo, yang tergabung dalam Kloter 53. Beliau wafat ketika berada dalam pemondokan di Mekah akibat serangan penyakit jantung," ujarnya.
     
Sutarno mengatakan kematian dua calon haji tersebut menambah daftar jamaah calon haji asal Jawa Timur yang meninggal dunia di Tanah Suci yang hingga hari ini tercatat sebanyak 22 orang.
     
Sebanyak 35.200 jamaah calon haji Embarkasi Surabaya, berasal dari Provinsi Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, dan Bali, yang tergabung dalam kloter 1 hingga 80, telah berada di Tanah Suci. 
     
Selain itu, tiga kloter terakhir Embarkasi Surabaya, yaitu kloter 81, 82, dan 83 hari ini memasuki Asrama Haji Sukolilo Surabaya. Mereka yang tergabung dalam tiga kloter tersebut masing-masing jamaah calon haji asal Kabupaten Mojokerto sebanyak 445 orang, Kota Mojokerto 220 orang, serta Kota Surabaya 325 orang, yang menurut jadwal akan terbang ke Tanah Suci besok, Sabtu (26/8).
     
"Kloter 81 masuk Asrama Haji Sukolilo Surabaya pukul 13.00 WIB tadi siang dan akan berangat ke Tanah Suci pada Sabtu besok pukul 13.35 WIB," ujar Sutarno. 
     
Sedangkan kloter 82 masuk Asrama Haji Sukolilo Surabaya pada pukul 16.00 WIB yadi sore dan dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci besok pukul 17.35 WIB.
     
Dia menambahkan kloter 83, yang merupakan kloter terakhir Embarkasi Surabaya, masuk Asrama Haji Surabaya pukul 17.00 WIB tadi sore dan akan berangkat ke Tanah Suci besok pada pukul 17.35 WIB. (*)

Pewarta: Hanif N

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017