Kediri (Antara Jatim) - Warga Kelurahan Ngronggo, Kota Kediri, Jawa Timur, menggelar drama yang mengisahkan cerita rakyat asli Kediri, yaitu Panji, guna melestarikan sejarah serta memperingati HUT ke-72 Kemerdekaan RI.
    
Panitia acara Arjun Noto Susilo mengemukakan drama ini berceritakan cerita Panji yakni cerita dari Kediri, sedangkan tema yang diangkat menceritakan tentang Entit, yaitu kisah keselarasan manusia dan alam serta tradisi panen raya.

"Kami sengaja mengadakan kegiatan in untuk melestarikan budaya, juga selalu mengingatkan warga tentang pentingnya cerita rakyat jelata. Hal ini penting guna menanamkan karakter mental bagi anak-anak, tertuama di lingkungan," kata Noto di Kediri, Minggu (20/8) malam.

Kegiatan tersebut digelar di Kelurahan Ngronggo, Kecamatan Kota, Kediri. Kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat dan sebagai edukasi bagi warga. Mereka bisa menjadi lebih tahu tentang sejarah dan kebudayaan di Kediri.
 
Selain drama cerita Panji, juga terdapat beragam pertunjukan tarian anak-anak serta ibu-ibu di daerah tersebut. seluruh warga memadati lokasi acara dan mereka sangat terhibur.

Peserta drama, Purwanto mengaku senang bisa ambil bagian dalam kegiatan ini. Ia memerankan tokoh Entit dalam drama ini. "Saya sangat bangga dapat menghibur sekaligus memberikan contoh yang baik bagi anak-anak di lingkungan," kata pria yang juga anggota Kodim 0809 Kediri ini. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017