Kediri (Antara Jatim) - Komunitas Pemuda Jalan Perintis Kemerdekaan Kelurahan Ngronggo, Kediri, Jawa Timur, menggelorakan sikap saling toleransi serta menjaga kerukunan antarwarga.

"Kami berharap semua menjaga kerukunan antarwarga dan selalu mengedepankan sikap toleransi, persatuan, dan kesatuan. Jangan mau mudah terpecah belah," kata Inspektur Upacara Sunarno saat upacara bendera di Kediri, Kamis.

Sedikitnya 150 warga Kelurahan Ngronggo, Kecamatan Kota, Kediri, menggelar upacara bendera memperingati HUT ke-72 Kemerdekaan RI. Acara itu berlangsung di salah satu pekarangan warga, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Kediri. Acara tersebut diikuti warga Rw 3 dan rw 4, Kelurahan Ngronggo, Kota Kediri, dan tokoh masyarakat setempat.

Selama upacara berlangsung, warga juga mengenakan baju sederhana, baju yang dipakai sehari-hari. Warga yang menjadi peserta mayoritas sudah berusia tua. Mereka pun juga mengenakan alas kaki sederhana, sandal jepit. Beberapa di antaranya ada yang mengenakan sepatu. Walaupun sederhana, kegiatan itu juga berlangsung dengan tertib dan lancar. 

Petugas upacara menjalankan tugasnya dengan lancar, baik yang bertugas sebagai pembawa bendera merah putih, pengibar, serta yang membawakan lagu Indonesia Raya. Walaupun sederhana, semangat mereka juga lantang, tidak kalah dengan anak-anak muda, seperti pelajar. 

Sementara itu, ketua panitia kegiatan Yosy Indra mengatakan kegiatan ini memang baru pertama kali diselenggarakan warga. Mereka dengan semangat memperingati HUT ke-72 Kemerdekaan RI, dengan mengadakan upacara bendera. Rencananya, kegiatan ini akan menjadi agenda tahunan.

"Ini baru pertama kali diselenggarakan di daerah kami, namun semua sangat bersemangat. Nantinya, kami berharap agenda ini bisa menjadi kegiatan tahunan, kegiatan kepemudaan, demi meningatkan semangat nasionalisme pemuda dan warga," kata Yosy. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Akhmad Munir


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017