Surabaya (Antara Jatim) - Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf menghibur sejumlah veteran pejuang dengan mempersembahkan lagu-lagu nostalgia di sela ramah tamah memperingati HUT ke-72 RI.

"Saya tidak pernah bernyanyi di depan umum, tapi ini khusus di depan pejuang maka saya dan Pak Wagub siap," ujar Gubernur Soekarwo di atas panggung kecil di dalam Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Kamis.

Beberapa lagu yang dibawakannya bersama istri, Nina Kirana Soekarwo, antara lain "Sepasang Mata Bola", "Bandar Jakarta", dan "Kemesraan".

Tak itu saja, sembari diiringi musik keyboard dan biola, orang nomor satu dan nomor dua di Pemprov Jatim tersebut menyanyikan lagu kemerdekaan, seperti "Hari Merdeka", "Garuda Pancasila", dan "Indonesia Pusaka".

Pakde Karwo, sapaan akrabnya, mengaku memberi rasa hormat serta apresiasi setinggi-tingginya kepada para pejuang veteran yang telah berjuang bertaruh nyawa dengan tanpa pamrih demi mewujudkan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Mewakili seluruh elemen di Jatim, kami memberikan penghormatan dan apresiasi sebesar-besarnya kepada para pejuang veteran, serta pejuang yang telah gugur atas perjuangan yang tidak mempedulikan keringat, darah, harta dan nyawa demi kemerdekaan bangsa," ucapnya.

Menurut dia, salah satu alasan yang menguatkan tekad para pejuang adalah mewujudkan cita-cita adil dan makmur bagi bangsa ini sehingga menumbuhkan rasa persaudaraan dan kebersamaan untuk berjuang demi kemerdekaan.

"Kami doakan agar para pejuang veteran yang masih hidup agar senantiasa sehat dan terus menyebarkan semangat kepahlawanan pada generasi penerus. Kepada para pejuang yang telah gugur, kami doakan agar mendapat tempat di sisi-Nya, serta menjadi bunga bangsa dan tauladan kita," katanya.

Di sela ramah tamah juga dilakukan pemotongan tumpeng nasi kuning yang disaksikan Ketua DPRD bersama istri, Pangdam V/Brawijaya bersama istri, Kapolda Jatim bersama istri, Kajati bersama istri, tokoh masyarakat, ulama dan para konjen negara sahabat. (*)
Video oleh: Fiqih Arfani


Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017