Surabaya (Antara Jatim) - Gubernur Jawa Timur Soekarwo memimpin upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia di halaman Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo Surabaya, Kamis.

Pada upacara yang dimulai tepat 9.35 WIB, orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut mengawali dengan memimpin mengheningkan cipta untuk menghormati jasa para pahlawan.

Di sela rangkaian upacara, dentuman 17 kali meriam oleh Batalyon Howitser Pasmar-1 dibunyikan sebagai penanda detik-detik Kemerdekaan, diikuti pembacaan Teks Proklamasi yang dibacakan Ketua DPRD Jatim Abdul Halim Iskandar.

Bertindak sebagai komandan upacara adalah Letnan Kolonel Infanteri Arynovian Hany Sampurno yang sehari-hari menjabat Komandan Kodim 0832/Surabaya Selatan.

Sedangkan, pengibaran bendera merah putih dilaksanakan oleh 76 personel Paskibra yang terdiri dari tiga kelompok, yaitu kelompok 17, kelompok 8 dan kelompok 45.

Bertugas sebagai pembawa baki adalah Nanda Putri Maharani dari SMAN 2 Pacitan, kemudian petugas pengibar bendera masing-masing Mochammad Zulkifli Iskandar (SMAN 1 Boyolangu Tulungagung), Imelda Halim (SMAK Stella Maris Surabaya) dan Alfian Budi Setiyawan (SMAN 1 Bojonegoro).

Turut memeriahkan upacara yaitu aubade (nyanyian atau musik penghormatan) yang diikuti 1.000 siswa SMA dengan membawakan lagu-lagu kemerdekaan, antara lain "Indonesia Jaya", "Hari Merdeka", serta beberapa lagu penyemangat, salah satunya "Bendera" yang dipopulerkan grup musik Cokelat. (*)
Video oleh: Fiqih Arfani

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017