Bondowoso (Antara Jatim) - Sebanyak 88 mahasiswa di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur mendapatkan beasiswa afirmasi dari pemerintah daerah setempat setelah sebelumnya mengajukan permohonan bantuan beasiswa.

"Kami mengapresiasi keberadaan kampus Universitas Jember (Unej) dua yang ada di Bondowoso, dan karena itu pemerintah daerah telah memberikan beasiswa kepada mahasiswa," ujar Bupati Bondowoso Amin Said Husni di Bondowoso, Rabu.

Ia mengemukakan, pemerintah daerah bekerja sama dengan Unej guna mendukung siswa lulusan SMA sederajat yang ingin melanjutkan pendidikannya ke Unej dengan memberikan beasiswa afirmasi yang bersifat selektif dan kompetitif.

Pada tahun ini (2017), katanya, pemerintah daerah memberikan beasiswa afirmasi kepada 88 mahasiswa Unej kampus dua asal Bondowoso atau bantuan Rp2 juta per orang setiap tahun selama delapan semester dan ditambah uang pendaftaran sebagai mahasiswa baru sebesar Rp300 ribu.

"Bagi yang ingin memperoleh beasiswa afirmasi dipersilahkan mendaftar melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, kemudian akan dilakukan verifikasi dan jika memang layak dan berhak untuk mendapatkan akan diberikan beasiswa afirmasi," katanya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemkab Bondowoso, Endang Hardiyati mengatakan selain beasiswa afirmasi Dispendikbud juga memberikan beasiswa prestasi kepada mahasiswa asal Bondowoso yang kuliah di perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia.

"Beasiswa prestasi ini diberikan kepada mahasiswa berprestasi yang berasal dari keluarga kurang mampu," ujarnya.

Ia menyebutkan, ada sekitar 150 mahasiswa yang mendapatkan beasiswa prestasi pada 2017, dan yang dapat tahun ini belum tentu tahun berikutnya (tahun depan) akan mendapatkan kembali. Karena ini kompetisi dan dilihat dari indeks prestasi kemudian dari status keluarga.

Sedangkan untuk beasiswa afirmasi, lanjut dia, selanjutnya akan memberikan kuota lebih pada tahun ajaran baru jika nantinya peminat kampus Unej dua di Bondowoso yang berasal dari Bondowoso jumlahnya meningkat.

"Yang jelas tahun ini semua mahasiswa Unej yang kuliah di Bondowoso kami berikan beasiswa afirmasi dan jika ternyata tahun depan jumlahnya meningkat kami akan menambah kuota beasiswanya," tuturnya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017