Sumenep (Antara Jatim) - Bupati Sumenep A Busyro Karim meminta ratusan calon haji setempat menjaga kesehatan selama berada di Tanah Suci supaya maksimal menunaikan tahapan ibadah haji.

"Jaga kesehatan. Ibadah haji itu butuh kondisi tubuh yang prima. Kalau sampai kondisi kesehatan menurun, kami khawatir calon haji tidak bisa maksimal menunaikan ibadah di Tanah Suci," ujarnya di Sumenep, Jawa Timur, Senin.

Busyro dan pejabat yang tergabung dalam forum pimpinan daerah (forpimda) menghadiri pelepasan secara simbolis pemberangkatan calon haji 2017 yang digelar Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sumenep di Gedung Korpri di Kecamatan Kota.

Dalam kesempatan itu, Busyro juga meminta para calon haji asal Sumenep menjaga sikap dan fokus untuk menunaikan ibadah haji.

"Jaga nama baik daerah dan Indonesia pada umumnya. Jangan sampai calon haji melakukan perbuatan yang tidak menunjukkan keseriusannya untuk menunaikan ibadah haji," kata Busyro, menambahkan.

Ia pun meminta para petugas haji yang dibentuk oleh Kantor Kemenag Sumenep benar-benar membantu dan maksimal mendampingi para calon haji selama menunaikan ibadah haji.

Sementara Kepala Kantor Kemenag Sumenep, Moh Bakri menjelaskan, jumlah calon haji setempat pada tahun ini sebenarnya sebanyak 521 orang.

"Namun, sebanyak tiga orang dipastikan tidak bisa berangkat atau mundur, salah satunya disebabkan ingin menunggui istrinya yang hamil," katanya.

Calon haji asal Sumenep tergabung dalam dua kelompok terbang (kloter), yakni kloter 58 dan 59.

Mereka dijadwalkan berangkat ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya pada Rabu (16/8) dini hari. (*)
Video Oleh: Slamet Hidayat

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017