Surabaya (Antara Jatim) – Putra-putri veteran pejuang kemerdekaan yang tergabung dalam organisasi Pemuda Panca Marga Kota Surabaya menggelar kirab bendera atau pataka untuk menghormati jasa para pahlawan.
     
"Kirab ini sekaligus untuk memperingati Hari Veteran Nasional yang diperingati setiap tanggal 10 Agustus," ujar Ketua Pemuda Panca Marga Kota Surabaya Fajar Budianto, ditemui di sela kegiatan kirab di Surabaya, Kamis malam.
     
Dia menjelaskan Pemuda Panca Marga adalah wadah organisasi bagi anak-anak atau putra-putri pejuang kemerdekaan 1945.
     
"Kami Pemuda Panca Marga Kota Surabaya kebetulan baru saja mendapat pelatihan pemantapan bela negara tahun 2016-2017. Sebagai penutup dari pelatihan tersebut malam ini kami gelar kirab pataka yang sekaligus untuk menghormati jasa para pejuang," katanya.
     
Kirab diikuti oleh 70 anggota Pemuda Panca Marga Kota Surabaya. Mereka berangkat dari Taman Makam Pahlawan Jalan Kusuma Bangsa Surabaya.
     
Selanjutnya mengambil rute dengan berjalan kaki menuju  Taman Makam Pahlawan Jalan Ngagel dan kemudian berakhir di Taman Makam Pahlawan 10 November di Jalan Mayjend Sungkono Surabaya.
     
"Kegiatan kirab pataka ini sekaligus merupakan sebuah penanaman semangat nilai juang 1945. Kami dilahirkan oleh pejuang dan mendapat amanah untuk melestarikan nilai-nilai juang di era pembangunan nasional sekarang," ucapnya.
     
Selanjutnya dia berharap kirab pataka bisa menjadi agenda rutin setiap tahun bagi segenap putra-putri veteran di organisasi Panca Marga Kota Surabaya untuk mengenang jasa para pahlawan di setiap peringatan Hari Veteran Nasional.
     
Ketua Dewan Pimpinan Cabang Legiun Veteran Republik Indonesia Kota Surabaya Hartoyik mengapresiasi kegiatan kirab pataka yang digelar oleh putra-putri veteran Pemuda Panca Marga Kota Surabaya.
     
"Memang hari ini, 10 Agustus, adalah Hari Veteran Nasional. Tadi pagi saya sudah menggelar upacara bersama 300 veteran yang juga diikuti oleh satu satuan setingkat kompi anggota Pemuda Panca Marga Kota Surabaya. Malam ini mereka melanjutkannya dengan kirab pataka yang mengambil rute berjalan kaki ke tiga makam pahlawan yang ada di Kota Surabaya untuk menghormati jasa para pejuang yang telah gugur," ujarnya. (*)

Pewarta: Hanif N

Editor : Akhmad Munir


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017