Surabaya (Antara Jatim) - PT PLN Distribusi Jawa Timur membantu sejumlah peralatan kelistrikan untuk pelaksanakan praktikum lapangan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), sebagai komitmen untuk memberikan sumbangsih di sektor pendidikan. 

Manajer Perencanaan PLN Jatim, M Risbudiharta di Surabaya, Rabu mengatakan alat kelistrikan yang diberikan kepada PENS antara lain trafo distribusi, cubicle set, gas CB, load break switch, recloser, automatic sectionalizer, fuse cut out, serta arrester, Tiang TM, Isolator TM , dan automatic meter reading, kwh meter 3 phasa dan kVARh.

"Bantuan ini untuk melengkapi dan memperkuat sarana praktikum mahasiswa D3 PENS, utamanya untuk materi Distribusi Tenaga Listrik," katanya, menjelaskan.

Ia berharap, dengan bantuan ini PENS mampu mencetak tenaga kelistrikan siap pakai dengan kompetensi yang lebih dari yang lain.

"Seluruh peralatan kelistrikkan ini adalah investasi yang tidak murah, artinya tidak ternilai untuk meningkatkan nilai mahasiswa sebagai SDM siap pakai, dan para mahasiswa bisa semakin akrab dengan peralatan ini saat mereka sudah terjun ke dunia kerja di bidang kelistrikkan," katanya.

Asisten Direktur I PENS, Indra Adji Sulistijono mengaku sangat berterima kasih kepada PLN yang membantu mahasiswa untuk mendalami pekerjaan di bidang distribusi tenaga listrik.

"Kesempatan ini tidak akan kami sia–siakan, akan kami pergunakan sebaik–baiknya, agar lulusan PENS menjadi lulusan siap pakai di dunia kerja," katanya.

Indra mengaku bantuan sarana peralatan ini mempunyai dua tujuan, yakni pertama sebagai sarana penelitian para dosen untuk jurnal penelitian, serta untuk proyek akhir mahasiswa D3 PENS dengan PLN Distribusi Jawa Timur.

Sementara dalam pemberian bantuan itu juga dilakukan kegiatan Praktikum Mahasiswa PENS dengan materi pemasangan simulasi konstruksi, pemasangan simulasi PHBTR 2 dan penggantian trafo.(*)


Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017