Surabaya (Antara Jatim) - Komandan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Bung Tomo- 357 Kolonel Laut  (P) Heri Triwibowo menerima medali penghargaan dari Angkatan Bersenjata Lebanon (LAF Medal) atas jasa dan peranannya dalam menjaga perdamaian di kawasan perairan Lebanon.
     
Perwira Penerangan Maritime Task Force  (MTF) 28-I/ United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL) Kapten Laut (KH) Ramlan Lanni, melalui rilis yang diterima di Surabaya, Senin, mengatakan Komandan KRI Bung Tomo menerima penghargaan tersebut mewakili seluruh prajurit pengawak KRI Bung Tomo-357 yang tergabung dalam Satuan Tugas Maritim Tentara Nasional Indonesia (Satgas Maritim TNI ) Konga XXVIII-I UNIFIL.
     
"Medali penghargaan itu disematkan secara langsung oleh Komandan Angkatan Bersenjata Lebanon Commander Rear Admiral Majed Alwan di Beirut, Lebanon, pada Jumat, 28 Juli lalu," katanya. 
     
Dia menjelaskan, medali yang diterima dari dari Angkatan Bersenjata Lebanon itu merupakan bentuk penghargaan dan sekaligus pengakuan yang diberikan oleh militer Lebanon kepada pihak yang telah berjasa, berdedikasi  dan banyak memberikan andil bagi Angkatan bersenjata Lebanon dalam hal perdamaian dan kemajuan di Lebanon. 
     
Rear Admiral Majed Alwan menyebut kontribusi KRI Bung Tomo-357 dalam misi MTF UNIFIL sangat berarti bagi Angkatan Laut dan  masyarakat Lebanon. Menurut dia, kehadiran unsur-unsur MTF di laut Mediterania secara langsung memberikan manfaat besar bagi roda perekonomian di Lebanon.
     
"Angkatan Laut Indonesia sejak keikutsertaannya dalam misi perdamaian di Lebanon telah banyak membantu LAF NAVY mengamankan perairan dari aktivitas ilegal melalui laut yang dapat mengganggu stabilitas keamanan di darat," ucap Perwira Tinggi Angkatan Laut Lebanon tersebut sesaat setelah menyematkan medali bernama “Medal of Valor Wussam at Takdir Al Ashkariy Silver Class” di dada Komandan KRI Bung Tomo-357.
     
Lebih lanjut dia mewakili militer Lebanon, khususnya Angkatan Laut Lebanon (LAF NAVY) mengucapkan terimakasih atas dedikasi dan jasa segenap prajurit KRI Bung Tomo-357. Dia berharap hubungan dan kerjasama antar Agkatan Laut kedua negara semacam ini terus berlanjut.
     
Kolonel Laut  (P) Heri Triwibowo, yang juga Komandan Satgas Maritim TNI KONGA XXVIII-I UNIFIL,  merasa terhormat atas kepercayaan dari Angkatan Bersenjata Lebanon. 
     
"Kami sangat berterimakasih atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan kepada Satgas Maritim TNI selama berada di Lebanon," ucapnya. (*)

Pewarta: Hanif N

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017