Surabaya (Antara Jatim) - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Jawa Timur Syamsul Bahri memastikan visa calon jamaah haji Embarkasi Surabaya telah rampung semuanya dan tinggal proses pengiriman dari Pemerintah Pusat di Jakarta.
     
Dia membantah sejumlah calon  jamaah haji asal Kabupaten Kediri dari kelompok terbang (kloter) 1, 2, dan 3 yang semestinya berangkat hari ini harus tertunda karena proses pengurusan visanya belum jadi.
     
"Tidak benar itu, calon jamaah haji asal Kabupaten Kediri Kloter 1, 2, dan 3 telah berangkat semuanya hari ini," ujarnya, kepada wartawan di Surabaya, Jumat.
     
Para wartawan mengonfirmasi penundaan keberangkatan tersebut setelah beberapa calon jamaah haji asal Kabupaten Kediri terpantau masih bertahan di Asrama Haji Sukolilo dan menyatakan telah dialihkan ke kloter berikutnya yang belum jelas sembari menunggu visanya yang belum jadi.
     
Sehari sebelumnya, Kamis (27/7), Ketua Rombongan Calon Jamaah Haji Kabupaten Kediri Saiful Huda menginformasikan sebanyak 176 calon jamaah haji yang tergabung dalam kloter 1, 2, dan 3 belum terbit visanya. 
     
112 orang di antaranya dikatakan tetap berangkat ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya pada Kamis kemarin meski visanya belum jadi, sedangkan 64 calon jamaah haji lainnya memutuskan batal berangkat. 
     
Sejumlah calon jamaah haji asal Kabupaten Kediri yang keberangkatannya tertunda, saat ditemui di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, mengeluh karena beberapa di antaranya harus terpisah dengan istri atau suaminya yang telah mengantongi visa dan telah berangkat sesuai jadwal pada hari ini melalui kloter 1, 2, dan 3.
     
Kakanwil Syamsul Bahri berdalih ada kesalahpahaman terkait sejumlah calon jamaah haji asal Kabupaten Kediri yang hingga petang ini masih terpantau tetap berada di Asrama Haji Sukolilo Surabaya.
     
"Mereka memang tergabung dalam kloter 4 dan 5," katanya.
     
Dia menjelaskan jamaah haji asal Kabupaten dam Kota Kediri seluruhnya tergabung dalam kloter 1 hingga 10 Embarkasi Surabaya.
     
"Waktu berangkat dari Kediri kemarin beberapa memang tidak ingin terpisah sehingga yang di luar kloter 1, 2, dan 3 memilih ikut berangkat bersama-sama ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya," ujarnya. 
     
Lebih lanjut Syamsul Bahri memastikan seluruh visa calon jamaah haji Embarkasi sebenarnya telah rampung semuanya dan tinggal proses kirim.
     
Senada, Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Jatim Achmad Faridul Ilmi mengatakan tinggal proses kirim dari Jakarta.
     
"Karena kewenangan visa ini ada di Pemerintah Pusat yang kemudian didistribusikan ke masing-masing embarkasi secara bertahap," katanya.
     
Dia menyebut dari total 36.644 calon jamaah haji Embarkasi Surabaya, jumlah visa yang sudah terkirim dan diterima Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Surabaya sebanyak 26.436.
     
"Visa yang terkirim itu sudah mencapai 70 persen dari keseluruhan calon jamaah haji Embarkasi Surabaya. Sisanya sedang dalam proses pengiriman yang dilakukan bertahap jumlahnya," ucapnya. (*)

Pewarta: Hanif N

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017