Situbondo (Antara Jatim) - Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo, Jawa Timur, dicat dengan motif batik biota laut dan pengecatan gedung kantor pemerintahan ini guna membangkitkan kembali minat dan semangat menjaga lingkungan.

"Selain untuk membangkitkan kembali minat dan semangat menjaga lingkungan, pengecatan gedung kantor pemerintahan ini untuk mengahadapi Hari Jadi Kabupaten Situbondo (Harjakasi) ke-199 Tahun pada pertengahan Agustus 2017." ujar Bupati Situbondo H Dadang Wigiarto di Situbondo, Jumat.

Ia menilai dalam hal menjaga lingkungan bersih dan indah selama ini pada kelompok-kelompok masyarakat tertentu masih kurang, sehingga pemerintah daerah memberikan contoh dengan mengecat kantor Pemkab  Situbondo dengan motif batik khas Situbondo (biota laut).

Pemerintah daerah, katanya, memberikan suasana yang berbeda agar supaya dapat mendorong masyarakat memiliki keinginan melakukan hal yang sama dan sehingga "branding" tersebut jika dapat diikuti di sekitar perkotaan akan bertambah bagus dan terlihat indah.

"Seperti toko-toko yang ada di sekitar perkotaan jika melakukan pengecatan yang sama tentunya akan membangkitkan semangat bagi kami untuk meningkatkan daya saing dan kalau daya saing meningkat semakin tinggi minat masyarakat berpartisipasi dalam kebijakan dan pembangunan, maka Situbondo cepat menjadi kabupaten maju," katanya.

Dari pantauan, pengecatan dengan motif batik biota laut tidak hanya di kantor Pemkab saja, namun seluruh gedung organisasi perangkat daerah (OPD) dan UPTD serta rumah sakit dan puskesmas juga dilakukan pengecatan.

Bahkan, kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Situbondo juga dilakukan pengecatan motif batik biota laut yang sudha menjadi motif batik khas Situbondo. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017