Blitar (Antara Jatim) - Warga di sekitar Stasiun Talun, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, memadati layanan "Rail Clinic" gratis yang diberikan oleh PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi VII Madiun, dan dilakukan di dalam gerbong kereta api. 
     
"Kami melakukan kegiatan bakti sosial di Stasiun Talun ini, dimana dalam kegiatan ini kami mengadakan pengobatan gratis di tiga desa lingkungan Stasiun Talun, Kabupaten Blitar," kata Manajer Humas PT KAI Daop VII Madiun Supriyanto pada wartawan di Stasiun Talun, Kabupaten Blitar, Kamis.
     
Ia mengatakan, stasiun ini dipilih karena lokasi stasiun yang dekat dengan perkampungan warga. Selain itu, stasiun ini lokasinya yang paling ujung sebelah timur berbatasan dengan wilayah PT KAI Daerah Operasi VIII Surabaya. Masyarakat diberikan kartu untuk pengobatan gratis yang pelayanannya di dalam gerbong kereta api.
     
Supriyanto menyebut, PT KAI Daop VII Madiun telah menyebar sekitar 250 kupon pengobatan gratis tersebut. Mereka diutamkan warga yang tinggal di sekitar Stasiun Talun. Selain itu, juga membagikan sekitar 50 kacamata untuk anak sekolah yang semuanya diberikan secara gratis.
    
"Kami bagikan 250 kupon melalui desa dan bagikan 50 kacamata untuk 50 anak. Mereka sebelumnya sudah melakukan pemeriksaan mata dan di pemeriksaan hari ini adalah yang terakhir sebelum pembagian kaca mata itu," katanya.
     
Lebih lanjut, Supriyanto mengatakan dalam layanan kesehatan itu juga melibatkan sejumlah tim medis. Ada sekitar empat dokter umum, dua dokter gigi, serta 16 personel paramedis. Mereka melayani masyarakat yang ikut dalam pengobatan gratis tersebut.
     
Fasilitas untuk pengobatan gratis juga dilakukan di dalam gerbong kereta api atau yang akrab disebut "Rail Clinic". Di dalam gerbong juga sudah tersedia beragam tempat pemeriksaan serta layanan pemberian obat. Dokter pun memeriksa seluruh pasien sesuai dengan keluhan pasien.
     
Sementara itu, sejak fasilitas "Rail Clinic" itu dibuka, masyarakat langsung memadatinya. Mereka juga mengaku senang dengan adanya pengobatan gratis tersebut. Selain bisa membantu mendeteksi sakit mereka, warga pun juga merasa penasaran dengan gerbong kereta api yang juga difungsikan sebagai tempat pelayanan kesehatan ini.
     
"Saya senang dengan kegiatan ini, karena bisa membantu orang banyak. Kesannya juga beda, karena pengobatan dilakukan di dalam gerbong kereta api," kata Ririn, salah seorang pasien.
     
Rencanya, layanan "Rail Clinic" itu hanya dilakukan selama satu hari saja. Namun, kegiatan ini digelar setiap tahun dan masing-masing tiap daerah operasi dari PT KAI di Indonesia. Di Wilayah PT KAI DAOP VII Madiun kebetulan diselenggarakan di Stasiun Talun, Kabupaten Blitar, tersebut. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Akhmad Munir


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017