Surabaya (Antara Jatim) - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga dijadwalkan membuka pameran ekonomi kreatif yang berlangsung pada 26-30 Juli 2017 di Grand City Convex, Jalan Wali Kota Mustajab Surabaya.

"Pak Menteri akan didampingi Gubernur Jatim Soekarwo pada pembukaan yang digelar Rabu, 26 Juli," ujar Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur Mas Purnomo Hadi kepada wartawan di Surabaya, Senin.

Pameran yang menghadirkan produk unggulan koperasi dan UMKM dalam maupun luar Jawa Timur tersebut diikuti 220 stan dari berbagai instansi, antara lain Dekranasda berbagai daerah, UKM Binaan, perusahaan perbankan dan jasa hingga mitra lainnya.

Mantan kepala biro perekonomian Pemprov Jatim itu berharap pameran ini menjadi wadah untuk mempersiapkan produk koperasi dan UMKM menuju persaingan era global sekaligus membuktikan kualitas produk maupun sumber daya manusianya.

"Pameran ini juga sebagai ajang memperkenalkan produk unggulan dengan kualitas ekspor yang kreatif dan inivatif sehingga UMKM semakin berperan terhadap pembangunan ekonomi di Jatim," ucapnya.

Ia menjelaskan, kontribusi koperasi dan UMKM pada PDB Indonesia kian meningkat dari tahun ke tahun, yakni rinciannya 1,71 persen pada 2013, dan naik 4 persen atau tepatnya 3,99 persen pada tahun berikutnya.

"Khusus perekonomian Jatim, sebanyak 54,98 persennya ditopang oleh koperasi dan UMKM. Tentu ini tidak lepas dari komitmen dan ketekunan seorang gubernur yang begitu peduli," katanya.

Di tempat sama, Direktur PT Amara Satu Raya (One Event), Yusuf Karim Ungsi, menjanjikan pameran berbeda dari gelaran-gelaran sebelumnya karena pengunjung disuguhkan berbagai acara di area dalam maupun luar arena pameran, termasuk membantu menambah pengetahuan dalam hal pengembangan UKM.

"Akhir pekan juga digelar banyak even, seperti dialog yang dikemas diskusi atau seminar, perlombaan, hiburan, fashion budaya Indoneia hingga festival kopi nusantara," katanya.

PT Amara Satu Raya (One Event) merupakan salah satu pihak penyelenggara pameran bertajuk "Koperasi UMKM Expo 2017" yang bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Jatim dan disponsori oleh BRI. (*)
Video oleh: Fiqih Arfani
 

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017