Tulungagung (Antara Jatim) - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Margiono mengambil formulir pendaftaran bakal calon Bupati Tulungagung di Desk Pilkada DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Minggu.
    
Pengambilan formulir tidak dilakukan langsung oleh Margiono, melainkan diwakilkan kerabat sekaligus tim suksesnya Sucipto dan diterima Ketua Desk Pilkada DPC PKB Tulungagung Imam Safii yang didampingi fungsionaris partai tersebut.
    
"Hari ini tadi pendaftaran mulai dibuka dan kebetulan pak Margiono, yang diwakilkan dua orang tim suksesnya dipimpin Pak Cip (Sucipto) mengambil formulir pertama," kata Safii dikonfirmasi di sela pendaftaran.
    
Ia mengatakan, penjaringan bacabup di DPC PKB Tulungagung dilakukan secara terbuka. Artinya, kata Safii, siapapun bisa melakukan pendaftaran asal memenuhi persyaratan dan kriteria yang telah dirumuskan desk pilkada, serta tata tertib serta panduan yang diputuskan DPP PKB maupun DPW PKB Jatim.
    
"Baik kader maupun nonkader yang memiliki kualitas, kapabiltas serta kemauan untuk membangun Tulungagung tentu akan kami beri kesempatan (mendaftar)," ujarnya.
    
Tidak ada persyaratan khusus dibuat oleh Desk Pilkada DPC PKB Tulungagung. Dari sembilan lembar isian formulir yang diberikan kepada Margiono melalui wakilnya, persyaratan bersifat umum seperti halnya visi-misi dan garis kebijakan partai tersebut.
    
"Yang jelas warga negara Indonesia, beragama, komitmen menjaga NKRI, tidak terjerat atau sedang menjalani pidana, bebas narkoba, hingga keharusan melampirkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara, dan sebagainya. Saya kira tidak ada yang terlalu spesifik," ujarnya.
    
Safii menjelaskan, pendaftaran dibuka hingga akhir Juli ini. Nama bacabup lain yang disebut segera mengambil formulir di DPC PKB adalah Ketua Umum GP Ansor Alfa Isnaeni.
    
Setelah pengembalian formulir, Safii mengatakan hasil pendaftaran berikut persyaratan akan diverfikasi oleh tim desk pilkada DPC PKB Tulungagung dan selanjutnya dikirim ke DPW PKB Jatim dan DPP PKB.
    
"Tahapan yang segera kami koordinasikan setelah itu adalah melakukan survei elektabilitas calon di masyarakat, khususnya di kalangan nahdliyin dan warga PKB di seluruh Kabupaten Tulungagung ini," ujarnya.
    
Sementara Sucipto mengatakan, saat ini sudah tiga parpol yang disambangi tim sukses Margiono untuk mengambil formulir pendaftaran Bacabup Tulungagung, yakni Partai Hanura, Golkar dan PKB.
    
"Parpol lain belum karena belum buka pendaftaran. Kami menunggu proses mereka dan akan dilakukan tahapan serupa," ujarnya.
    
Sucipto menegaskan bahwa Margiono yang berlatar belakang wartawan dan kini menjabat sebagai Direktur Utama Harian Rakyat Merdeka sangat serius maju bursa Pilkada Tulungagung.

"Sangat-sangat serius. Komitmen beliau tidak perlu diragukan lagi," ujarnya.(*)

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Akhmad Munir


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017